On Thu, 23 Sep 2004, Fajar NS wrote:
:: >
:: > DNS ga ada primary-secondary, adanya master-slave ;-)
:: >
::
:: hehe.. istilah yg bener2 bener yg mana ya?
:: maksudnya sama kan?
::
:: > > nah pertanyaannya:
:: > > bagaimana agar seluruh dns2 diluar (internet) merefer ke dns yg saya
:: > pegang?
:: >
:: > Di registrant di mana anda mendaftarkan domain anda, buang entry GC dari
:: > daftar server DNS anda.
:: >
::
:: ini udah saya lakukan mas
:: tapi knapa ya kadang2 dns diluar tuh masih suka ngerefer ke GC
:: padahal saya udah nambahin bbrp secondary dns di luar (zoneedit, xname,
:: etc.)
:: untuk "menandingi" si GC ini, kalau2 request ke dns saya sedang lambat/putus
::
:: > > sebagai informasi, nomor serial di dns saya sudah lebih besar dari no.
:: > > serial yg di GC
:: > > soalnya AFAIK,jika ada 2 primary dns, yg datanya dianggap valid adalah
:: yg
:: > > nomor serialnya lebih tinggi
:: >
:: > Ga juga. Kalau anda punya dua authoritative server, maka client hanya akan
:: > melakukan query ke salah satu, tidak ke dua-duanya.
:: > Serial number berlaku pada kasus sinkronisasi master-slave. Kalau DNS
:: local
:: > anda berperan sebagai master dan GC sebagai slave, dan serial number anda
:: > lebih tinggi, maka GC seharusnya melakukan sinkronisasi dan mengupdate
:: entri
:: > data agar sesuai dengan entri yang anda punya.
:: >
::
:: thx atas koreksinya
:: masalahnya si GC ini ga bisa saya ubah jadi slave karena ada masalah
:: disananya itu
:: kalau nilai2 selain nomor serial, seperti: refresh, retry, expire dan
:: minimum TTL itu
:: berpengaruh juga ga mas? supaya si GC ini gak dianggap lagi sbg
:: authoritative server
:: atau mungkin ada trik lainnya?
::
:: thx b4,
::
:: -fns-

Masalah tersebut sebenernya simpel aja, saya sering ngalamin kasus serupa
karena saya banyak handle domain.
- Registrar biasanya meminta untuk mengisi 2 atau 3 DNS server dalam
proses pendaftaran 1st, 2nd, bahkan 3th DNS yang jadi masalah
- Kebeneran saya punya 1 DNS server aja yg pastinya di registrar saya
taruh 1st, yg celakannya saya memasukan 2nd DNS server ISP atas saya
karena diminta registrar untuk yg 2nd yg padahal saya tidak koordinasi ke
ISP untuk memasukan ke zone slave DNS nya

solusinya:

- Kalau registar boleh pakai 1 DNS aja, pake aja di DNS yg bisa kita
update setiap saat
- Kalau harus 2 atau lebih, cari DNS lain yg bisa kita managed (bisa titip
DNS temen atau ISP kita) untuk masukan sebagai slave (kadang kita bilang
secondary)
- Punya 2 DNS server sendiri :)

regards,

-+Cahyo+-