On Thu, 23 Sep 2004, Fajar NS wrote:

:: ----- Original Message -----
:: From: "Cahyo" <[EMAIL PROTECTED]>
:: To: <[EMAIL PROTECTED]>
:: Sent: Thursday, September 23, 2004 9:34 AM
:: Subject: Re: [tanya-jawab] masalah primary dns
::
:: >
:: > Masalah tersebut sebenernya simpel aja, saya sering ngalamin kasus serupa
:: > karena saya banyak handle domain.
:: > - Registrar biasanya meminta untuk mengisi 2 atau 3 DNS server dalam
:: > proses pendaftaran 1st, 2nd, bahkan 3th DNS yang jadi masalah
:: > - Kebeneran saya punya 1 DNS server aja yg pastinya di registrar saya
:: > taruh 1st, yg celakannya saya memasukan 2nd DNS server ISP atas saya
:: > karena diminta registrar untuk yg 2nd yg padahal saya tidak koordinasi ke
:: > ISP untuk memasukan ke zone slave DNS nya
:: >
:: > solusinya:
:: >
:: > - Kalau registar boleh pakai 1 DNS aja, pake aja di DNS yg bisa kita
:: > update setiap saat
:: > - Kalau harus 2 atau lebih, cari DNS lain yg bisa kita managed (bisa titip
:: > DNS temen atau ISP kita) untuk masukan sebagai slave (kadang kita bilang
:: > secondary)
:: > - Punya 2 DNS server sendiri :)
:: >
:: > regards,
:: >
:: > -+Cahyo+-
:: >
::
:: thx atas responnya
:: tapi kalo saya gak salah tangkap
:: solusi yg mas cahyo berikan diatas adalah untuk mengantisipasi kejadian spt
:: kasus saya
:: bukan untuk problem yg sudah terlanjur terjadi,
:: CMIIW
::
:: -fns-
::

Solusinya seperti yg udah dibilang sama rekan yg lain, buang entri DNS
server di registrar yg tidak bisa kamu "managed" baik DNS sebagai 1st, 2nd
trus jika registrar msh mewajibkan mengisi entri untuk 2 DNS server kasih
seperti yg saya bilang

regards,

-+Cahyo+-