On 3/20/06, teguh <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> To rekan-rekan,
>
> rekan2, Saya ingin menanyakan tahapan apa saja yang harus saya lakukan
> apabila saya ingin membuat mail server baru.
> apakah cukup hanya mendaftar domain saja ?, setelah mendaftar apakah kita
> harus menset DNS /Bind di PC linux ?
> mohon maaf saya masih bingung untuk memulainya, mohon bantuan rekan2.
>
> Terima Kasih,
> Teguh

kawan,
saya sudah berhasil implementasi mailserver di kantor saya.
1. kalo mau membuat mailserver tentu anda memiliki domain *publik dan
'konsep' DNS sendiri anda sudah paham.
2. untuk memulainya adalah :
   a. memiliki akses internet (minimal untuk download paket2 yg dibutuhkan)
   b. sering-sering bertanya ke milis, dengan pertanyaan 'jelas' dan
'lengkap masalahnya'
   c. memiliki pc komputer tentunya, syukur2 bisa 2 pc (sebagai server
& sbg client)
   d. minimal memiliki domain (publik) dan IP publik
3. itu saja dulu..jgn menyerah !! :))