2010/3/22 Ferry Kristianto <mailtomyitan...@gmail.com>:
> Hai teman2,
>
> Minta tolong dikomentari cara saya ya.
>
> Karena saya butuh menginstall Deepofix 3.2 Mail Server (Debian based) di
> server HP Proliant DL160 G6, tapi gagal karena kernel CD instalasi tidak
> support. Lalu saya menggunakan trik ini:
> Saya copot harddisknya, saya pasang di komputer kantor (PC biasa) lalu saya
> install Deepofix dan update packages-nya, upgrade kernel dan modul2nya. Saya
> ubah setting grub agar menggunakan kernel baru.
> Saya pasang lagi harddisknya ke server, dan langsung jalan seperti yang saya
> [...]

Saya juga pernah pake trik kayak gitu buat install debian ke komputer
(server abal-abal) yang ga punya CD-ROM drive tapi terkoneksi ke
koneksi internet cepat. Harddisknya bawa pulang, install di rumah,
pasang di komputer tujuan, cek apa semua hardware terdeteksi, baru
update via internet. Sempat 2 kali install ulang juga, ya itu tadi,
ada hardware di komputer tujuan yang lupa diaktifkan supportnya.

Debian dan turunannya termasuk yang enak untuk diinstall dan disetting
sesuai keinginan. apt-get sangat powerfull, family redhat aja jadi
ikutan menirunya dengan tools yum :)

--
Donny Kurnia
http://blog.abifathir.com/