On Mon, Oct 24, 2005 at 05:42:17PM -0700, Patriawan, Carlos wrote:
> It would not happen in 20 years.Manufactur,outsourcing,engineering
> jobs bisa saja dilakukan di India dan China.Akan tetapi the early
> invention dan invention akan tetap datang dari US a.k.a Silicon
> Valley.  Ini bukan pendapat pribadi,tapi opini semua hi-tech people
> termasuk CEO Infosys.

kok saya mencium bau ketakutan yang mirip ketakutan sama sars dan avian
influenza ya :-)) di sini dari 2000 persalinan, 1 nyawa menghilang,
jutaan orang sudah batuk-batuk darah segar tapi kagak punya duit buat
naik angkot, tapi tidak se-'ribut' sars dan avian influenza, karena apa?
ya karena tidak ada risiko tertular hi..hi..

kalau saya, biarin aja penemuan terkait IT ada di sana, tetap saja pasar
(potensial) ada di sini. pembeli adalah raja. yuk kita berdikari,
khususnya penyediaan teknologi untuk ukm dan pertanian dan pengolahan
hasil pertanian. pasti kita bisa lepas dari keterpurukan selama ini.
sukur-sukur nanti bisa jadi supplier silicon valley (j/k). untuk ini
kita sepertinya banyak bergantung pada keberadaan perguruan tinggi.

terlalu banyak hip dan isu yang sengaja ditiupkan dari sana, yang
globalisasi lah, yang bencana jaman siti nurbaya terulang kembali lah.
Kita dengar dan tampung saja lah. Sambil membenahi segala sesuatu yang
sudah terlanjur diporakporandakan.

dengan bantuan saudara-saudara berhati mulia para pengembang opensource
dan gpl, mudah-mudahan tugas kita menjadi jauh lebih ringan.

Salam berdikari,

P.Y. Adi Prasaja

Kirim email ke