Made Wiryana wrote:

> Nah tuh... khan he he he, susah kan bikin kampus murah tapi berani ngasih
> beasiswa :-).  Untungnya kampus saya di Jakarta seperti itu ha ha ha

ha ha ha :-)  kan saya bukan orang univ. pak

nah dalam hal debat tentang kampus mahal , silahkan dibicarakan dengan
dosen terkait.

kalo tanggapan pribadi, saya setuju dengan ente.

> Kalau kita di luar kampus kita bisa bilang seperit itu, tapi kalau masuk ke
> dalam urusan kampus, terasa lebih sulti dari ngurusin start-up di Silicon
> Valley (sorry bukan melebih-lebihkan tapi memang lebih sulit).

betul pak, jadi memang yang jalankan ini jangan orang2 universitas.

lagipula memang email ini bukan untuk ngajak orang universitas.

> Semua ke LN terus kebutuhan TI di dalam negeri dipenuhi dengan mengimport
> produk jadi yang tadinya di bikin oleh anak-anak itu :-).  Memang jadi
> makelaar paling enak.

ooo kebalik ente.

maksud saya, biar saja anak2 itu bantu income di DN dengan penjualan
produk/asic/hardware/sopwernya ke negara lain.

nah untuk didalam negeri, ya penuhi aja dengan barang2 yang bisa
dibikin sendir,kalo mo pake open sors ya pake open sors ,etc.

yang penting, ada yang bener2 produksi baik income dan alat.

ya kayak china/india dong ... bisa bikin produk sendiri.

gimana cara bikin produksi sendiri ? bantu itu persh startup baik dari
sisi modal dan knowledge.

> Kata siapa ?  ya mungki ndak butuh TI nya tapi butu Informasinya he he he

bukan kata siapa siapa, tapi lucu aja kalo no 1 yg diperlukan
informasinya, sekarang juga orang sudah pake handphone, tinggal telpon
beres.

btw kalo mo bener2 bantu:  beri mereka lahan gratis
(buat yang mampu tentunya dan ini sudah buanyaak yang melakukan).

sementara itu untuk anak anaknya: beri beasiswa secara merata.
beri lapangan pekerjaan setelah lulus.

lapangan pekerjaan ini global lho, gak cuman di Indonesia aja. arahkan
pekerjaanya  ke bidang IT/engineering karena peluang dibidang ini
unlimited.

> ( pak imw, saya sudah sering pulang dan 80% waktu saya dihabiskan
>
> Kalo pulang jalan jalan nya harus lebih beragam

beragamnya saya dari NAD sampai Lampung ... he he he :))

kapan2 ke palembang pak, biar bisa makan duren bareng sekalian main
cekian.

-mcp