hello folks,

spt yang kita semua tahu pasti diantara anda dapat forward email tentang keberhasilan team olympiade fisika kita yang gaungnya sampe ke europe, teman saya bilang wow in 10 year from know your country will have  Einstein atau paling ngga banyak ilmuan kelas dunia. entah temen tadi berusah bercanda atau emang dia serius, karena di Perancis sendiri yang terkenal canggih dengan ilmu dasar dan fisika belum pernah jadi juara olympiade fisikia dunia, bahkan israel yang  terkenal dengan kemampuan dalam teknologi dan ilmu fisika dan kimia failed unutk jadi juara.

yang jadi pertanyaan saya, apakah memang standard/system pendidikan di Indonesia dalam ilmu dasar kayak fisika dan matematika sudah cukup bagus , sehingga kita menghasilkan juara2 spt skrg?

atau hanya cuma ada pada segilintir orang saja ? kalau jawabannya iya, lagi-lagi kita ngga belajar untuk maju, karena ngga generate standard pendidikan bagus dan bikin banyak orang pinter dengan system pendidikan yang baik, tapi selalu mengerucut untuk menghasilkan ekslusifitas dan extra ordinaire people yang cuman segilintir.

Kalau ini masih terjadi rasanya impian Carlos mau flood engineer ke Valey masih butuh 100 tahun lagi.  Memang kita ngga bisa maksa semua orang jadi pinter selalu akan ada kristalisasi, selalu mengerucut, tapi lagi-lagi pertanyaan saya apakah "GAP" antara yang yang bodoh<> biasa-biasa aja<> pinter<>jenius  perbedaannya cukup jauh atau boleh dibilang system pendidikan kita  memang sudah bisa membuat banyak orang jadi pinter. Karena yang saya baca soal2 yang di keluarkan oleh team pelatih adalah soal2 fisika untuk Master/S2.

fenomena ini menarik di tengah banyaknya berita soal UN etc.

ok don't take serious, TGIF

rgds

Adjie