Adjie wrote:

> Berarti ada yang salah dalam system pendidikan, seharusnya kalau systemnya
> baik, begitu dinaikan bbrp persen persyaratan kelulusan pasti ngga ada
> masalah donk. kalau pun ngga lulus nilainya masih bisa di tolerir.

mungkin bukan pendidikan tapi sektor riil masalah utamanya
(meskipun bukan berarti gak ada soal di sektor pendidikan).

sebenarnya kalau dilihat dari fenomena berikut :
- Inventor of the world tahun 2006 adalah org Indonesia (Pak Sehat
Sutardja yg kantornya sebelah kantor saya dulu)
- Google Programming Championship 2006 (Mas Sindu -- sory gak sempet
ketemu kemaren)
- team Indonesia pemenang lomba internasional fisika 2006  ( j, surya
cs).

tetapi di sisi lain kondisi ekonomi makro indonesia yg gak terlalu
bagus padahal kalau dilihat dari pertandingan antar individu (seperti
diatas) org indonesia bisa jadi winner.

Ini menandakan problemnya mungkin adalah di sektor riil/ekonomi dimana
 org2 yang berpotensi/ talented gak bisa lebih berkembang dan coverage
pendidikan gak bisa mencakup semua lapisan dan mahal.

-mcp