>On 7/21/2006 at 7:51 AM Adjie wrote:
>atau hanya cuma ada pada segilintir orang saja ? kalau jawabannya iya,
>lagi-lagi kita ngga belajar untuk maju, karena ngga generate standard
>pendidikan bagus dan bikin banyak orang pinter dengan system pendidikan
>yang baik,

ada dilema disini, karena kalau standar pendidikan bagus, bagaimana dengan yang
memang kurang mampu ?

ini yang sempat kejadian di beberapa tempat - begitu standar dinaikkan,
langsung jumlah yang tidak lulus juga naik  :)

> [...]
>extra ordinaire people yang cuman segilintir.
>
>Kalau ini masih terjadi rasanya impian Carlos mau flood engineer ke Valey
>masih butuh 100 tahun lagi.  Memang kita ngga bisa maksa semua orang jadi
>pinter selalu akan ada kristalisasi, selalu mengerucut, tapi lagi-lagi
>pertanyaan saya apakah "GAP" antara yang yang bodoh<> biasa-biasa aja<>
>pinter<>jenius  perbedaannya cukup jauh atau boleh dibilang system
>pendidikan kita  memang sudah bisa membuat banyak orang jadi pinter.
>Karena yang saya baca soal2 yang di keluarkan oleh team pelatih adalah

solusinya mungkin :

1. standar pendidikan average (rata-rata)
2. ada mekanisme untuk mendeteksi gifted students
3. ada sistem khusus bagi mereka ini. beberapa sekolah seperti smu 8, lab
school mungkin sudah merupakan arah yang benar.
4. deploy ke seluruh indonesia

Salam,
Harry