Nukman Luthfie wrote:

> [NL:]
>
> Ya, itu point saya. Artinya content lokal kita tidak mampu persaing secara
> bisnis/komersial dengan asing. Ini sangat menyedihkan. Sejak ambruknya
> dotcom di Indonesia, yang bertahan hanya Detikcom, sisanya nggak tahu entah
> kemana. Di saat bisnis dotcom di luar bangkit, di Indonesia tidak bangkit.

*mungkin* masalahnya klasik pak :

+ gak ada industri lain *sejenis* yg membackup bisnis dotcom, kalau
detik *mungkin* ada.
(misalnya group gramedia membackup bisnis online  ,etc) , jadi bisnis
contentnya gak jalan sendirian dan bisa dapat bantuan dikala masa
susah.

+ real owner di belakang industri dotcomnya gak punya visi dan sering
kali oportunistik, sering kali owner dotcom .id dan .my (jaman dulu
paling tidak)
 main bisnisnya bukan bisnis it, sering kali: juragan gula, juragan
paku , juragan bahan2 kimia ( walaupun dalam skala besar ) , he he ..
tapi ini serius lho :))
dalam kata lain mereka tidak punya how-to,know-how, risk proposition
dan marketing/sales channel untuk menjalankan bisnis dotcom

sebenarnya saya dulu ditawari juga untuk managing big dot com di .id ,
tapi karena saya lihat masalahnya di nomor dua
( juragan duren mau jualan online ) , ya mending serius jadi networkers
saja :))

-mcp