Dari segi kepentingan rakyat Inggris, kesalahan Blair dalam kebijakan
Irak itu adalah salah satu kesalahan saja, karena ada banyak segi
keberhasilan Blair dalam pemerintahannya selama 10th masa kepemimpinannya.

Jadi bagi rakyat Inggris satu salah besar, barangkali ada 20
keberhasilan besar.  Jadi tidak cukup utk diturunkan, tetapi cukup utk
tidak dipilih kembali.

Soal Bush saya enggak ngerti karena sistem AS lain.  Tapi yg pasti
Bush dan Blair itu tidak bertanggung jawab langsung kepada rakyat Irak
yg malang itu.  Bush dan Blair bertanggung jawab kepada rakyat dan
parlemen masing2. Suharto juga turun karena rakyat minta dia turun.
Dia tidak turun karena rakyat Australia minta dia turun!

Bagi rakyat Irak kesalahan ini fatal sekali.  Tapi bagi rakyat
Indonesia, apa ruginya kita?  Apakah Irak itu sumber beras bagi kita?
 Apakah supply minyak kita terganggu?  Apakah saudara kandung kita ada
yg kena bom di Baghdad?  Tidak ada kan?  Kecuali ketersinggungan
sentimen agama yg tidak rasional itu, bukan?  Cuma memicu kemarahan
agama tapi tidak ada kerugian material apapun bagi bangsa kita!  Terus
ada yg mau mengorbankan nyawa pergi ke Irak demi memuaskan nafsu
amarah?  Silahkanlah kalau mau, lumayan kan mengurangi statistik
pengangguran?

Coba lihatlah persoalan ini secara proporsional terutama dari
kepentingan bangsa Indonesia bukan kepentingan rakyat Irak.  Kita
tidak ada kewajiban apa2 thd rakyat Irak, kewajiban kita yg utama
adalah kepada bangsa sendiri dulu, baru bangsa lain, itupun kalau
sempat.  Kalau enggak sempat ya enggak apa2 kan?

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Muhammad Aly
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> P Dana : Nah apakah hal ini terjadi di Indonesia jaman
> Orba...?
>
> Jaman orba masih lebih baik di indonesia dibanding di
> inggris apalagi amrik.. buktinya nih.. Soeharto mau
> mengundurkan diri setelah mhs/i menduduki kantor
> MPR/DPR.. Soeharto hebat juga berani mengundurkan diri
> cink... !! demokrasi yg luar biasa dan sgt positif dlm
> sejarah indonesia dimata international dan bangsa
> kita.
>
> coba bush & Blair masih nanggring aja tuh smp skrng di
> singgasananya.. mana demokrasinya di inggris &
> [...]

Kirim email ke