Anda ini, bung Pei, mencampur adukkan istilah 'aqidah' dengan 'apa
itu aqidah' ... dari zaman Adam as hingga kiamat nanti, aqidah ya
sudah jadi ... anda jelas bingung antara aqidah dan kalam yang
melahirkan sejumlah madzhab (school of thoughts) ...

Ini mirip dengan istilah Muslim. Coba anda lihat, apakah ada
istilah 'muslim' digunakan untuk menyapa hamba2 Allah? Tidak! Yang
ada adalah 'mu'min' ... makanya para shahabat yang jadi khalifah atau
pemimpin ummat di masa khilafah julukannya adalah 'amirul mukminin'
bukan 'amirul muslimin' ...

Kembali ke aqidah, yang anda sebut Jabariyah dan Qadariyah itu
aqidahnya sama, hanya mereka berbeda pada beberapa hal dasar. Masalah
menjadi besar ketika ranah kalam/teologi ini masuk ke politik spt
ketika Mutazilah berhasil menjadi keyakinan resmi negara dan
memaksakannya pada ummat. Maka terjadilah peristiwa Mihnah yang salah
satu korbannya adalah Imam Ahmad bin Hambal yang menolak Quran itu
Makhluk. Tapi ini hanya bertahan tidak lebih dari 2 dekade krn saat
pergantian Khalifah, paham ini (bukan aqidah) pun surut dan hilang,
tapi yang bermarkas di Baghdad (Iran sekarang) menyatu dengan Syiah
dan menjadi bagian dari Aqidah Syiah, yang sekarang menjadi sebuah
gerakan politik selain agama.

Tapi sesuai dengan fithrah dan janji Allah yang menjaga al-Quran
(iman dan islam, aqidah dan ibadah) maka tetap saja 'mainstream'
ummat tidak pernah hilang tapi selalu ada hingga kini.

Jadi buat saya, bung Pei, silakan saja para pengikut aliran sesat dan
para pembelanya bersorak sorai atau melemparkan tuduhan dan makar
apapun, in the end, mereka yang kukuh berpegang pada Kitabullah dan
Sunnah Rasul tetap berjaya.

Anda ingin menggeneralisir tindakan segelintir orang islam sebagai
citra islam 'mainstream'? silakan. tidak akan ada pengaruhnya. toh
mereka yang terlibat kekerasan itu seringnya krn diprovokasi, bukan
karena sadar! dan jangan salahkan 'pemimpin' mereka, krn to tidak ada
asap tanpa api. masalahnya kan api ini tidak mau mengaku dirinya
menimbulkan asap, tapi asapnya yang disalahkan ...

Eh, sori, bos, anda ngelantur kenapa bilang ini "Trus ada
versi "ahlussunnah wal jamaah" yang lain? Ya ada .. salah satunya yang
dirumuskan oleh Ibnu Taimiyah, trus Ibnul Qayyim dan Abdullah bin
abdul wahhab, yang disebut 'manhaj salafiyah' atau dikenal juga dg
istilah faham wahhabi." ... ada datanya?

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Muhammad Syafei"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, sriwening herpribadi

> kan? Ada
> dirumuskan menjadi satu rumusan yang kemudian disebut akidah. Jadi,
> proses perumusan akidah2 itu pa bukan olah pikir?
> bukan untuk merumuskan aqidah..

> :-)
> Lha .. akidah itu emang rumusan2 lho Mbak (lum tahu ya? :-)) ..
mosok
> [...]
> Asyariah/12 imam).
>
> Masih banyak lagi lho yang lain .. tapi kalau nyebutin yang terkenal
> ya antara lain akidah yang dirumuskan Imam Hasan Al Asy'ari yang
> dikenal juga sebagai salah satu versi akidah "ahlussunnah wal
> jama'ah". Ini yang banyak diikuti saudara2 kita dari NU. Trus ada
> versi "ahlussunnah wal jamaah" yang lain? Ya ada .. salah satunya
yang
> dirumuskan oleh Ibnu Taimiyah, trus Ibnul Qayyim dan Abdullah bin
> abdul wahhab, yang disebut 'manhaj salafiyah' atau dikenal juga dg

Kirim email ke