Saya tetep keukeuh bahwa dimana bumi dipijak disitu adat di turut :-)
Artinya jika kita pergi ke suatu tempat setidaknya di dalam tas sudah tersedia
perlengkapan.

Ibaratnya setiap hari kalo pergi harus bawa mukena, meskipun di masjid
disediakan mukena
[ daripada ngantri giliran pakai mukena]

Begitu juga cuma sekedar pergi ke ceramah agama, meski nggak ada aturan musti
berjilbab, pakai pakaian muslim,
diusahakan jangan pake pakaian yg bisa mengundang perhatian [ kecuali kalo
memang mau diperhatikan]

Ke acara kematian jangan pakai pakaian ngejreng kalopun mendadak paling tidak
sudah tersedia
kerudung [ padahal kan nggak ada aturan ke acara kematian musti pakai pakaian
gelap atawa berkerudung :-)]

Jadi ya kalo dalam peristiwa di bawah meskipun Mia nggak berjilbab, selama di
Aceh pake saja jilbab atau kerudung :-)
Ya seperti mentri perdagangan Marie Elka Pangestu, ia menghormati dengan
memakai kerudung, padahal ia non muslim.
Kalo tak salah ingat ibu Anie juga demikian ke Aceh selalu berjilbab.

Jadi bawa tas yg besar kalo lagi tugas di NAD, Mia, supaya bisa muat, sarung,
jilbab, pashmina, qur'an mini :-))

Selanjutnya kalo memang ada adat yg menghendaki kita harus menggunakan
perangkat yg kita ndak suka ya tanyakan
pada hati nurani sendiri, kalo ogah ya gak usah berkunjung ke sana.
Seperti berjemur di pantai karibia [ ???? yg diharuskan nudis] kalo Mia mau
kesana ya kudu nudis;-))
Adik saya dulu pernah tinggal di NTT beberapa saat, disana kan rada2
islamfobia, jadi supaya tidak mencolok supaya tidak dicurigai;
solat ya sembunyi2, lubang2 angin di tutup supaya gak ada yg ngintip, jangan
pasang kaligrafi, kalo ditawari miras bilang
perutnya gak tahan alkohol, di jamuan makan tetep datang tapi nggak makan
daging alasannya lagi vegetarian :-))

Salam,
l.meilany