Poinnya adalah seperti peribahasa minang yg tetap saya ingat :
'dimano bumi dipijak, langik di jujuang, aia disauak, rantiang dipatah- di
sinan adat dipakai, lasin dituruik'
Dimana kita berada hendaklah kita menuruti adat kebiasaan penduduk setempat.
:-)
Menurut saya pribadi orang minang adalah orang indonesia yg sangat bisa-mudah
beradaptasi dimanapun
ia berada. Seumpamanya ada kehidupan di bulan, kayaknya orang indonesia suku
minang yg pertama duluan pergi bikin
rumah makan padang :-))

Saya belum pernah ke Aceh, saya gak tahu persis bagaiamana adat itu berlaku
disana.
Apakah mungkin orang2 tertentu punya aturan sendiri yg menjadi 'wajib'??

Dimanapun kita berada, nggak usah di Aceh bahkan kalo Mia amati seksama di
lingkungan kita
juga berlaku adat- aturan entah yg diundangkan [ ada sanksi hukum] atau aturan
'kepantasan' ;
Atau aturan yg dibuat sepihak, aturan yg ngaret.
Tapi semuanya sebagai warga negara yg baik nggak ingin ribut2 ya diikuti.
Di mal2, juga banyak aturan2 'lokal' kalo kita nggak taati ya kemungkinan
dipermalukan atau diusir.

Di TMP Kalibata duluuuuu waktu zaman orba, jika ziarah nggak boleh/dilarang
pake sandal/sandal jepit.
[ lha gimana kalo sandal jepit Bali yg ada mote2nya, nggak dijelasken]
Sekarang aturannya di ubah, diharuskan memakai sepatu.
Pengertian sepatu itu bagaimana???  sandal yg ada talinya - sepatu sandal
gimana?
Bagi yg setia ziarah ke TMP aturan itu dibaca pokoknya pakai alas kaki [ sandal
juga boleh] apa saja yg penting bukan sandal jepit.
Mungkin sandal jepit Bali juga boleh asal satpamnya nggak lihat, kalo ziarah
lebaran yg pake sandal jepit juga mungkin banyak,
kan pake sepatu baru lecet, tapi satpamnya tutup mata.
:-))

Salam,
l.meilany