Iya betul juga itu pendapat Bapak DR Kurtubi, bahkan ada rekan saya mantan Ekek Bogor,
DR Gindo M Simanjuntak MPH kemarin malam berseloroh itu sih sama saja dengan anekdot
di negara subtropik (saya nggak berani sebutkan), menjual selimut untuk beli makanan
lalu sesudah makan jadi kedinginan lagi dst.
Lebih lanjut, kepada Bung Syafril, Konstitusi (Proklamasi dan UUD 1945) yang Basic Law
itu jiwa bangsa ini, kacamata ekonomi praktis semata tidak bisa membenarkan bahwa
konteksnya adalah pada paradigma hukum ditingkat Operational Law vs ekonomi mikro
semata, tidak sesederhana begitu, Bung, ini Urusan Kedaulatan yang erat juga dengan
kedalaman jiwa Kebangsaan para politisi elit kita sekarang yang menurut kacamata saya
produk "instant" artinya menjadi "manajer eksekutif negara" tanpa melalui jenjang
pemantapan Kepemimpinan yang sistimatik. Kagetan-lah gitu (saya juga ingat, ada
pendapat dari Ir Soelistio, Alumni ITB, dari FMJKN yang mengatakan kita boleh tua tapi
belum tentu sudah dewasa).
Dalam pengertian inilah, ada baiknya Bung Syafril dapat memperoleh juga karya tulis
Bapak Drs Tjipto Sukardhono, mantan DanYon-I dan SKoMen JaBar, sekarang SekJen DHN45
yaitu Pokok-pokok Pikiran tentang Permasalahan Pertahanan Negara, 28 Oktober 2002,
yang a.l. memproyeksikan MenWa Indonesia juga menjadi Pejuang Merah Putih (Kader
Bangsa) selain payung hukum UUTNICad, dlsb.
Saya sendiri melihat Pembangunan Berkelanjutan adalah Medan Laga Terkini (coba
cocokkan juga dengan tulisan T. Yulianti di Suara Pembaruan kemarin, intinya
Pre-Emptive Attacks adalah pilihan strategi model "Perang Dunia IV"), dimana AGHT
dalam konteks Indonesia adalah Illegal Fishing, Illegal Logging / DeForestry, dlsb
atau Degradasi Mutu Lingkungan Hidup. Dan saya berpendapat bahwa sebetulnya MenWa
potensial untuk berkiprah disini sekaligus membangun jiwa Kebangsaan. Dan
sepengetahuan dan dari pengalaman lapangan praktis keproyekan saya sejak 1973,
Community Development yang sedikit banyak erat hubungannya dengan Bina Wilayah
dan/atau Bina Lingkungan adalah potensial sebagai sumber swadana satuan2 MenWa
sendiri. Apalagi memang ada KepMenKeu untuk keharusan Bina Lingkungan itu. Bahkan Bank
Dunia saja kini mensyaratkannya pula.
Bayangan saya, kelak kalau ada alumni MenWa yang mentas jadi GovtMan, ybs lebih
mendahulukan kepentingan bangsa daripada sekedar kepentingan sesaat, misalnya guna
pencapaian target CashFlow (padahal diketahui bahwa sumber Cash-In potensial kan juga
bisa dari pemenuhan kewajiban bayar para pengutang uang negara/rakyat, selain kita
juga tahu bahwa banyak sekali Cash-Out yang bermasalah, dst)
Dengan lain perkataan, komprehensif-lah, tidak se-potong2, Kasus Privatisasi dan Kasus
R&D yang mencuat bersamaan itu kan sepertinya Year End Plan saja dari para petinggi
pembijak eksekutif untuk menyelamatkan kas negara sesaat saja. Tidak strategis-lah
begitu dalam jangka panjang.
Melalui exercises diskursus-diskursus macam ini, semoga Kepemimpinan untuk Kebangsaan
di kalangan Generasi Muda Penerus Kemerdekaan RI, khususnya di habitat MenWa
dimantapkan dengan dukungan peran serta antar generasi.
Salam Kebangsaan, Kebangsaan Indonesia,
Pandji R. Hadinoto
 Abdul Sodik <[EMAIL PROTECTED]> wrote:Hallo gank...,mumpung topiknya masih hangat.
Barangkali ada yang berpendapat
lain...silahkan

Salam
Asodik

Copy Darat (Halal Bihalal, Natal dan Tahun Baru) akan dilaksanakan 4-5 Januari 2003,
lihat footer Milis [EMAIL PROTECTED]

Online archive :
Moderators :
Unsubscribe :