----- Original Message -----
From: "Syafril Hermansyah" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Wednesday, December 25, 2002 8:43 PM
Subject: [yonsatu] Re: Transfer Monopoli Negara kepada Asing atas usaha
Start egis dan Menguntungkan.

> Saya curious, Bapak ini pernah jadi anggota YON-1 atau tidak ya (maaf
> menanyakannya) ?

Pada tahun 1969, Skomen Mahawarman menyelenggarakan diklatsar Menwa
Mahawarman gabungan. Pesertanya dikirimkan oleh berbagai batalyon Menwa
Mahawarman. Begitu pula para pelatihnya.

Walaupun di jaman itu kadang-kadang ada terjadi diklatsar suatu yon menerima
juga peserta titipan dari yon lain, dan juga pinjam-meminjam pelatih antar
yon sudah cukup lazim, namun sepanjang tahun 1960-an dan 1970-an inilah
sekali-sekalinya ada diklatsar gabungan yang diselenggarakan pada tingkat
resimen, sebelumnya belum pernah dan sesudahnya tidak pernah lagi.
Entah di dasawarsa 80-an dan 90-an, barangkali mereka dari angkatan-angkatan
jaman itu bisa menjelaskannya.

Karena itu, para peserta mempunyai rasa nostalgia (dan mungkin juga rasa
kebanggaan) tersendiri.
Dan di masa-masa setelah diklatsar, ketika mereka sudah kembali bergabung
dalam yon-nya masing-masing, umunya mereka masih meneruskan ikatan antar
mereka yang bersifat lintas batalyon itu (apalagi yang dari Yon-I kan cowok
melulu, sementara dari yon lainnya lebih seimbang...).

Dan karena ketika itu jumlah batalyon dalam Menwa Mahawarman ada sebelas,
maka dengan separuh joking separuh kebanggaan, mereka menamakan dirinya
"anggota Batalyon-XII".

Lalu kenapa Skomen waktu itu menyelenggarakan diklatsar gabungan ini, dan
sebelumnya maupun sesudahnya tidak?

Ini terkait dengan Pepera IB 1969.
Ceritanya saya sambung sebentar lagi deh, ada urusan sebentar nih.

Wasalam.

Copy Darat (Halal Bihalal, Natal dan Tahun Baru) akan dilaksanakan 4-5 Januari 2003,
lihat footer Milis [EMAIL PROTECTED]