8<--
Temu akbar HANATA 2004, 3-4 Januari 2004 di Ciater
Pendaftaran di Milis Anggota, atau SMS ke 0815-9500-697
-->8

   On Mon, 8 Dec 2003 12:38:59 +0700
Andoko wrote:

>      tapi, kalau kita berantas atasnya (saja), yang dibawah-bawah ini
>      suatu  saat toh bakal jadi penerusnya kan pak?

Masak sih ada atasan yg sengaja membiarkan bawahannya untuk melakukan
korupsi ? Kalau tolok ukur sempai-kohai (lihat posting saya di thread
lain) diterapkan, maka ukuran keberhasilan seorang atasan adalah dg
melihat keberhasilan anak buahnya. Anak buah jelek, artinya
performance/konduite si atasan juga jelek.

Memang si bawahan (yg baik, terpilih) suatu saat  akan jadi penerus si
atasan, akan tetapi kalau sudah sekian tahun terbiasa dg tidak
berkorupsi maka saat dia jadi atasan dia tidak akan korupsi (akan ada
nyeri psikologis utk melakukannya). Diapun sudah punya pegangan
bagaimana cara melakukan tindakan terhadap bawahan yg melakukan korupsi.

>   Kalau pendapat saya, untuk memberantas korupsi, harus ditetapkan
>   suatu  undang-undang yang komplit-melibas siapapun yang melakukan
> korupsi,  baik dari atas maupun dari bawah.

Kata Petugas Kebersihan kalau kita ingin menyapu atau mengepel ruangan
yg kotor harus pakai sapu/lap (plus air) yg bersih, kalau tidak malah
coreng moreng hasilnya.

Dg kekuasaan maka Hukum bisa komplit-plit ditekuk-tekuk, putar balik.
Mana berani bawahan mengkoreksi (menindak) atasan yg punya kuasa membuat
Undang-Undang ?

Dg kehebatan pleidoi Lawyer jempolan yg dibayar mahal, maka Hakim bisa
menyerah terhadap dia (atau lewat Mafia Peradilan, jika perlu).
Coba lihat kasus BLBI, mana pemilik/pengurus Bank yg sudah dieksekusi ?
Salim group punya banyak perusahan/pabrik di China sana yg profitable,
eh rakyat kita malah disuruh membiayai/subsidi perusahaan-2xnya yg
merugi disini, demikian pula dg Modern Groups dan banyak lagi.

Bahkan ketua DPR kitapun masih enak-2x nongkrong dirumahnya yg nyaman
sekalipun sudah diputus bersalah 2 kali oleh Pengadilan (Negeri dan
Tinggi) :-(

Syafril Hermansyah

Arsip           : http://yonsatu.mahawarman.net
News Arsip      : http://news.gmane.org/gmane.org.region.indonesia.mahawarman