8<--
Temu akbar HANATA 2004, 3-4 Januari 2004 di Ciater
Pendaftaran di Milis Anggota, atau SMS ke 0815-9500-697
-->8

Yth. Pak Eddy Gafar, Pak Kunjaya, Pak Syafril dan rekan2 yang lain,

Saya setuju dengan apa2 yang Bapak kemukakan.  Saya juga memakai fasilitas
kantor untuk membuat surat ini dan beberapa kegiatan lainnya yang tidak
untuk saya pribadi, tetapi hal tsb masih dalam batas2 yang sesuai dengan
kebijakan kantor, sehingga saya masih bisa mempertanggung-jawabkannya.

Dari segi pelaku, mungkin penyebab perilaku korupsi ini adalah sbb:
   Kurangnya keimanan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa
   Kebutuhan pokok yang tidak terpenuhi.
   Kurangnya kontrol di lingkungan tsb., sehingga kesempatan yang ada
   dengan kontrol yang longgar akan sangat menggoda
   Lingkungan yang mendukung, sehingga bagaimanapun kuatnya iman seseorang,
   kalau teman2nya semua korupsi, dia akan hanyut juga.
   Ketakutan akan masa depan yang tidak pasti, antara lain jauhnya
   perbedaan taraf hidup pada saat menjabat dan pada saat sesudah melepas
   jabatan, akan mendorong pejabat untuk melakukan "aji mumpung"
Dan mungkin ada banyak lagi faktor penyebab2 lainnya, dan dengan mengenali
penyebabnya mudah2an penangkalnya bisa segera diaktifkan sehingga korupsi
ini bisa dikurangi.

Wassalam,
Harry Kusna

Msg: #13 in digest