Dear Pak WWW,
jadi pengen ikutan neh.

Mengapa penyelundupan terjadi?

1. Hukum ekonomi, karena barang selundupan lebih murah.
2. Mengapa barang selundupan lebih murah? Karena tidak dikenakan pajak, dan
juga mungkin biaya produksi lebih murah.
3. Jadi kalau biaya produksi di luar lebih murah, mengapa di kita tidak bisa
kompetitif seperti itu? Apakah karena raw materialnya atau tenaga buruh yang
mahal? Kalau tenaga buruh tidak mahal. Raw Material? Saya rasa banyak sekali
bahan mentah di sini, malah diekspor, dan kemudian mendapat value added,
dikirim kembali ke Indonesia dengan harga yang sudah berkali lipat?
Mengapa?
Kita tidak punya teknologi dan pengetahuannya?
Ah, masa?
Orang Indonesia pintar dan ahli kotak katik, contoh kasus di Roxy, mafia
henpon mampu mengoprex apapun. Teknologi pertanian juga banyak yang genuine,
tetapi yang terkenal malah Bangkok.

Jadi, bila kita tidak kompetitif maka barang selundupan pasti masuk menurut
hukum pasar.

Kemudian, yang juga menarik, dari seluruh barang yang dipajaki entah itu
PPN, Pajak Barang Mewah, dll, yang besar itu sebenernya lari ke mana yah?
Awasi penggunaannya? Lha, mekanisme saya sebagai rakyat bisa mengawasinya
itu gimana? Emang ada transparansi yang bisa kita lihat setiap saat?

--
Salam Indonesia
081929292955