At 10:51 AM 3/21/2009, you wrote:
>Hehe mas Reza, saya juga mbayanginnya Korut, Kuba, dan Cina. Korut
>dan Kuba sudah diembargo puluhan tahun oleh negara2 barat, eh,
>enggak ada matinya (kayak iklan seluler aja ya). Berarti kalau ada
>orang bilang "kita tidak bisa hidup sendirian", menurut saya bohong,
>buktinya 2 negara itu.

Negaranya mungkin bisa hidup sendirian - tetapi rakyatnya tidak.
Ribuan orang setiap tahun bertaruh nyawa hanya untuk menyelundup
keluar dari Kuba dan Korea Utara.  Di Korea Utara, mereka yang
tertangkap mencoba menyelundup ke luar, bisa dijatuhi hukuman
mati.  Kalau tidak karena dijaga oleh tentara - mungkin penduduk
Korea Utara dan Kuba sudah pada pindah semua dari negaranya.

Nah sekarang kita balik :  Apa ada penduduk negara lain yang mau
bertaruh nyawa untuk masuk dan tinggal di Kuba dan Korea Utara?

Negara macam apa sih yang bahkan tidak membolehkan rakyatnya pindah
ke negara lain?

Kirim email ke