At 08:44 PM 1/4/2010, you wrote:

>saya hanya berpikir :
>1. Bila Gubernur BI menyatakan BC Kalah Kliring, lalu apa sih yang
>ada di benak nasabah yang menaruh uangnya di BC (nasabah yang menaruh > 2 M)?
>a. Saya harus menyelamatkan uang saya sebelum terjadi apa-apa pada Bank BC.
>b. Seharusnya saya tidak panik karena BI pasti bertindak.
>c. Kalah kliring hal yang biasa kok.(tapi kok yang ngumumin Gubernur BI?)
>d. jawaban a , B & C sama-sama benar.

Apa iya yang mengumumkannya Gubernur BI pas saat peristiwa kalah
kliring itu terjadi?
Anda kan tahunya Bank Century kalah kliring berbulan-bulan setelah
peristiwa itu terjadi - dan anda mengetahuinya lewat penjelasan
HISTORIS dari Gubernur BI.

Bahwa masyarakat bisa tahu ada bank yang kalah kliring - itu tidak
bisa dicegah, karena sesama orang bank tentu tahu apa yang
terjadi.  Dalam keadaan seperti itu maka yang perlu dilakukan adalah
bagaimana informasi seperti tadi tidak melebar dan mencetus rumor
tentang bank lain.

Pelajaran atas krisis perbankan global adalah: bahwa pihak yang
paling cepat membobol kas suatu bank adalah...bank lain (via pinjaman
antar bank).

>Saya hanya berpikir :
>1. Bila ada orang yang memberikan pengertian kepada saya tentang
>kedua istilah di atas, apakah yang harus saya lakukan terkait dengan
>keadaan di BC (khususnya bagi nasabah yang menaruh > 2 M)?
>a. Saya harus menyelamatkan uang saya sebelum terjadi apa-apa pada Bank BC.
>b. Seharusnya saya tidak panik karena BI pasti bertindak.
>c. Saya menunggu BI bertindak lalu saya harus menyelamatkan uang saya.
>
>Saya hanya berpikir :
>1. Kejadian diatas apakah mungkin yang menyebabkan BI dan LPS
>mengucurkan dananya sampai sebesar 6,7 T?

Masalah Bank Century adalah dari keadaan illiquid menjadi insolvent.
Ketika mencapai taraf insolvent - maka resiko menjadi meluas dan
berpeluang bersifat sistemik.

Kirim email ke