Pak Enda,
Terima kasih atas link ini, tulisan yang sangat menarik. Juga kutipan dari
puisi Archilochus itu, yang dipopulerkan Isaiah Berlin tentang rubah dan
landak. Saya tidak akan mengomentari artikel di Jakarta Post ini secara khusus,
tapi mari kita diskusi soal sulitnya kita belajar dan mengubah cara pandang itu
sendiri. Saya menulis sebelumnya dlm konteks 'public reason' bukan secara
khusus merujuk pada pengamat/ahli. Bahwa nalar publik memiliki logika dan jalan
berpikir sendiri, yg seringkali berada di luar arus utama yg didominasi elite.

Sebelum ke sana, elitisme itu gejala wajar, ada di mana-mana, baik politik
maupun agama, ataupun di komunitas akademik. Yang diperlukan bukan menghapus
elit (ini mustahil, bahkan di Partai Komunis yg konon egaliter saja ada
elite2nya) melainkan menetapkan batas-batasnya. Ini yg - sekali lagi saya sebut
- menjadi keprihatinan kita soal salah kaprah cara memandang demokrasi. Kita
ini surplus demokrasi tapi defisit politik, dalam arti perbincangan dan praktik
soal tata nilai dalam kehidupan bersama.

Lalu saya masuk ke soal tata nilai (value). Memang subjektif, tapi tak melulu
subjektif, nyatanya ada deliberasi dan konsensus. Kita berangkat dari beragam
nilai partikular tapi toh masih bisa sepakat bicara soal konsensus NKRI dan mau
kita bawa ke mana negara ini. Yang jadi soal adalah ketersediaan ruang publik,
agar jangan sampai diambil pasar dan negara sepenuhnya. Dan saya kira kita
belum lupa bahwa bangsa ini belajar meski sekaligus mudah lupa. Reformasi
menghasilkan banyak lembaga2 baru yg bermanfaat, misalnya MK,Komisi
Yudisial,KPK,KPPU,dan lainnya, yang menjadi kepanjangan tangan dari kontrol
publik thd kekuasaan. Belum ideal, tapi jelas ada kemajuan berarti. Kebebasan
pers jelas mengalami kemajuan, dan Koalisi Civil Society yg mendorong revisi UU
KIP dan UU Kerahasiaan Negara saya kira cukup efektif. Nalar Publik lainnya
tercermin dlm gerakan fesbuker, juga aksi koin keadilan, dll. Kita masih bisa
menyepakati satu nilai bersama (yg dlm batas
 tertentu bisa dikatakan objektif), misal soal keadilan.

Jika fokus Anda ke pengamat, kita boleh skeptis, tapi juga masih layak
berharap. Pertanyaan Anda menarik, berapa yg mengubah pandangan usai ditemukan
data-data baru? Di sini kita harus bedakan informasi, data, dan fakta. Fakta
adalah data yg sudah diolah/diverifikasi dan bisa dipertanggungjawabkan. Hemat
saya, hari2 ini kita masih disuguhi banyak informasi dan data, dan belum sampai
ke fakta. Justru di sini tantangan kita, agar bisa berjarak dg informasi/data,
agar tak serta merta menyebutnya fakta. Ini saya kira loncatan yg banyak dianut
para pengamat, maka mereka beropini mengabaikan dua hal, value sebagai minimal
consensus dari publik (cermin nalar publik), dan merancukan data dg fakta. Di
sini intelektualitas diuji. Tapi terkait pembelajaran bagi publik, saya kira
minimal Anda sbg pakar saja memiliki kesadaran ini, artinya masih ada optimisme
itu. Tugas publik memastikan ini berjalan baik dan benar. Saya yakin yg hanya
beropini berdasar informasi
 mentah atau data akan tergerus.

Saya sepakat kita menunggu sbg penonton yg baik, tapi saya ragu sungguhkan ada
itu objektivitas yg penuh? bukankah di balik pikiran kita, sudah ada asumsi,
prasangka, endapan2 pra-pengetahuan, bekuan2 emosi, dll, yg diam2 juga
memengaruhi cara kita berpikir dan bersikap? mungkin saja kita perlu belajar
hermeneutika sbg pendamping positivisme dlm dunia ilmu2...mungkin lho...

salam