Assalamu'alaikum

1. untuk menyatakan sesuatu itu halal atau haram, itu perlu dalil.

2. Menjadi PNS itu sama seperti pekerjaan lain. Hanya saja belakangan ini PNS
(di Indonesia) seolah berada di wilayah abu-abu. Peluang untuk 'menyimpang'
sangat besar. Terlebih lagi bagi mereka yang sifat pekerjaannya administratif
dan terkait anggaran. Ada yang terpaksa menyimpang karena sistem yang memaksa
dia seperti itu, ada juga yang menyimpang karena hawa nafsu dan ketamakkannya.
Dua-duanya sama-sama menyimpang. Hanya saja, kalo yang pertama biasanya sering
dimaklumi.

3. Saran saya, kalau toh misal jadi pns, pilihlah jabatan guru, dosen, penyuluh
dan semisal itu. Godaan untuk menyimpang setidaknya lebih sedikit.

Mohon dikoreksi jika ada yang salah.

--
Luthfi Assadad

Kirim email ke