Dear Mba,

Mo sharing sedikit....kalo pembantuku biasa bangun jam 4.30, biasanya
dia sembahyang dulu baru dia mulai kerja...makan pagi biasanya jam
9..makan siang jam 12-an terus makan malam sekitar jam 8-9.  Kalo kita
weekend dan kita ada di rumah, biasanya dia makan setelah kita makan,
nggak tentu.  Tapi kalo kita nggak ada or pulang malam, dia pasti udah
makan duluan.

Makanannya biasanya sama dengan kita tp kalo dia kuat makan, mungkin
harus diingetin kalo makan, tolong sendiriin buat tuan rumahnya...biar
nggak bablas semuanya...mustinya sich dia ngerti.  Kalo nggak ngerti
juga...mungkin sebaiknya dipisahin, takut tuan rumahnya nggak kebagian
makanan.

Yg disediain buat dia, biasanya sih peralatan mandi (sabun, odol, sikat
gigi) yg dikasih bulanan.  Mereknya terserah kita disesuaikan dgn budget
aja.

Kalo aku, pembantuku nggak pernah aku kasih jajan, tapi kalo kita jajan,
dia juga ikut dibeliin.  Tapi kalo dia mau jajan sendiri, biasanya itu
diambil dari duit gajinya dia sendiri.

Aku juga nggak pernah kasih dia bonus rutin, tapi sesekali kalo ada uang
sedikit, aku beliin baju atau sandal. Tapi nggak harus ..terserah kita
aja.

Gaji pembantu yang aku tahu berkisar antara 250 sampe 300 kalo yang
bener2 baru ...biasanya dalam 3 bulan aku suka kasih kenaikan kalo dia
memang bener2 bagus...berapa banyaknya terserah kita aja, tergantung
banyaknya kerjaan, dll.

Akhir tahun biasanya dia dapat THR, gaji, dan ongkos pulang.

Segitu dulu....smoga bisa membantu.

Regards,
Grace