Mamanya Aldi,

Terus terang saya tdk tahu detail isi hasil penelitian
tsb, krn saya hanya menyampaikan apa yg ada di
ebook "The Joyful Child" itu.
Jadi, saya tdk bisa menjawab dg tepat apakah 6 bulan
itu adalah batas usia efektif ataukah krn penelitiannya
hanya dilakukan selama 6 bulan saja.

Tapi menurut saya, kita tdk perlu terlalu terpaku dg
usia 6 bulan ini, krn saya yakin apa saja yg diberikan
ke anak (terutama usia s.d. 3 tahun pertama) akan
bisa diterimanya dg baik selama anak enjoy dlm
menerimanya.

Kmd, isi kasetnya spt apa ?  Maaf, saya tdk tahu..he..he..
Tapi dr banyak kaset ttg pembelajaran bhs inggris
yg pernah saya lihat, isinya biasanya lagu anak, cerita
pendek/sederhana, dan sejenisnya.
Juga, menurut saya, apa yg didengar oleh anak akan
efektif diterimanya jika hal tsb dilakukan secara
berulang-ulang.

Tadi, Pak Anggoro sempat "ngobrol" dg saya melalui japri
(jalur pribadi). Di bawah ini saya forward sedikit hal yg
berhubungan dh hal yg saya sampaikan dia atas tadi :

Minggu lalu saya lihat acara TV di Jepang sini ttg penelitian ke bayi
di dalam kandungan. Sebulan sebelum lahir sang ibu membacakan
buku yg isinya sama beberapa kali dlm sehari. Begitu anaknya lahir
dan dibacakan buku tsb, ternyata anak memberikan response.
Tapi response tsb hanya bisa dideteksi melalui alat khusus.
Artinya, secara fisik dia kelihatannya diam saja, tapi ternyata
dia memberikan response di detakan jantung dan juga gelombang otaknya.
Utk suara yg tdk pernah didengar dari ibunya, sang bayi tdk memberikan
reaksi apapun.

Saya sendiri juga mengalami hal yg sama dg anak saya, tapi bukan
bhs inggris, yg mana dia akan bereaksi begitu mendengar suara
yg pernah didengarnya sblmnya secara terus menerus.

Itu yg saya tahu. Mungkin Pak Joko atau yg lain bisa menambahkan
ataupun mengoreksi pendapat saya.

rgds,

Taufan
www.balitacerdas.com