Padahal banyak ya orangtua yang "khawatir" anaknya akan mengalami "bingung bahasa"
kalau dimasukin ke sekolah yang bilingual.
Kalau ini gimana pak Joko ?

                -----Original Message-----
                From:   Joko Kusmanto [mailto:[EMAIL PROTECTED]
                Sent:   21 August 2003 22:30
                To:     [EMAIL PROTECTED]
                Subject:        Re: [balita-anda] anak bilingual

                Ibunya Dienta,

                Kami menerapkan program yang disebut dengan "Non-native Parents
Bilingual
                Program (NNP)" yang pada dasarnya sama dengan program "One Parent One
                Language (OPOL)". Kalau dalam OPOL bahasa yang digunakan adalah bahasa
ibu
                orang tuanya yang berbeda (misal. Ibu --> Indonesia dan Ayah -->
Inggris),
                tetapi dalam NNP salah satu orang tuanya secara konsisten menggunakan
bahasa
                Asing kepada anaknya. Dalam keluarga, Saya berbicara bahasa Inggris
kepada
                anak dan Istri berbahasa Indonesia meskipun kadang-kadang istri juga
                berbahasa Inggris kepada anak khususnya ketika anak sedang bermain
dengan
                saya. Perkembangan bahasa Inggris anak yang pertama telah saya sajikan
dalam
                sebuah seminar dan sedang dimasukkan ke sebuah jurnal.

                Program semacam itu telah banyak dipraktikkan oleh orang, salah satu
yang
                paling populer adalah yang dilakukan oleh keluarga Sauders di
Australia yang
                membesarkan anak mereka dalam bahasa Inggris dan Jerman. Bahasa ibu
kedua
                orang tua mereka adalah bahasa Inggris tetapi ayahnya selalu berbahasa
                Jerman kepada anaknya. Dan hasilnya ternyata cukup berhasil. Program
NNP
                yang kami terapkan juga dalam rangka untuk kepentingan penelitian yang
                diharapkan bermanfaat bagi pengajaran bahasa asing untuk anak dini
usia.
                Oleh karena itu, saya menghimbau keluarga yang menerapkan program
bilingual
                dengan bahasa asing di rumah untuk saling informasi tentang
perkembangan
                bahasa anaknya.

                Dan yang terpenting adalah bahwa menurut banyak penelitian, anak
bilingual
                mempunyai sejumlah keuntungan baik intelektual, sosial, dan psikologis.

                Salam buat semua,
                Joko