Tul..tiap anak beda-beda perkembangan dan pertumbuhannya...
jangan juga terpaku text book anak usia segini bisa sekian suku kata...itu
cuma buat gambaran aja.
Yg penting pendengaran, responnya baik...seiring waktu juga
bisa..pelan-pelan aja...

Anakku baru keluar kata-katanya usia 2 thn lebih hampir 2 thn 6
bln...Alhamdulillah sampai sekarang baik-baik aja (udah 5 thn 9 bln),
ngucapin "r" lancar, senang ngobrol....jangan dipaksa lah...
utk bisa ngomong aja butuh usaha yg amat keras dari seorang anak
batita..jadi harus dihargai usahanya...dikasih respon positif dari ortu...

On 1/12/09, Mama 2D <mam...@gmail.com> wrote:

> santai aja...tiap anak itu unik punya kelebihan & kekurangan
> mungkin ngomongnya rada lambat tapi motorik kasarnya lebih cepet
> perkembangannya
> jangan terlalu ambil pusing pastokan di buku2 coba beri tenggang waktu 3-4
> bulan.

> anak
> ayah,
> jadi

> [...]