Kepandaian anak bicara tergantung pola asuh kita juga ke anak.
Seberapa banyak kita melatih anak bicara, tentunya mempengaruhi koleksi
kosakata anak.
Kebetulan pengasuh anak pertama  dulu sangat cerewet, alhasil anakku
kosakatanya lumayan banyak. Tapi baru mulai umur 1,5 thn dia pandai
bicara, jelas dan teratur tanpa cadel dulu.

Anak kedua saya, kebetulan pengasuhnya agak pendiam, otomatis anak saya
kemampuannya nggak seperti kakaknya.
Sekarang (9bln) baru bisa mama, papa, bababubu... itupun jarang sekali
terdengar.

Intinya, optimalkan ngajak anak ngobrol biarpun dia nggak ngerti dan
nggak nyambung, kapanpun, dimanapun... ajak bicara terus.. tatap
matanya..
Dan upayakan gunakan kalimat dan kata-2 yg benar, jangan ikuti cara
bicara anak. Nanti keterusan, anak nggak tahu cara yang benar. Misalnya
: "mama pegi duyu ya... nanti, ade mimi cucu". Harusnya gunakan cara
bicara yg benar dan jelas.

Keponakan saya sampe 4 thn masih nggak jelas ngomongnya (seperti anak 1
thn), karena ibunya kurang optimal / jarang ajak ngomong, mengajarkan
dan mendisiplinkan cara bicara yang benar pada anak.
Baru saat masuk TK, mungkin gurunya mengoptimalkan cara yg benar,
hasilnya sekarang sudah bisa komunikasi dengan siapa saja.

Mungkin bisa sedikit membantu..

Thanks
dian