susah juga ya.. kalo prt minta naik gaji gara2 ngiri sama gaji bs. Dibujuk aja mbak.. bilang kalo untuk 3 bulan naik gaji belum cukup untuk ngeliat kemampuan kerja prt. Untungnya dulu waktu saya masih pake bs, prt nggak ngiri tuh.. soalnya jauh hari sebelum bs/prt masuk (siapa duluan) saya wanti2 untuk nggak ngobrolin soal gaji di waktu senggang mereka. Begitu juga dgn bs yg pasti gajinya lebih besar, saya wanti2 untuk nggak ngomongin soal gaji. Untungnya selama mereka kerja sama saya nggak ada masalah, malahan akur bs 'n prt sampai terakhir kerja lebaran kemarin pulangnya bareng. Kalau prtnya nggak mau ngerti juga, coba konsultasikan ke yayasannya, apa bener ada perjanjian itu? ada hitam di atas putih nggak? kalau nggak ada, tegasin aja ke prt-nya, kalo perlu minta ganti dgn yayasannya.
Maaf nggak banyak membantu.

regards,
ibunya Gilang

Hi Mom's, saya mau sedikit sharing nich.
Saya mau tanya berapa yah sallery pembantu sekarang ???
Pembantu saya baru kerja 6 bulan, saya ambil dari yayasan dengan gaji Rp 300.000,- Dan dia enngak bisa masak. jadi hanya melakukan pekerjaan rumah saja. Saya di rumah hanya berdua dengan suami saya.serta 1 anak saya Tian 6 bulan. Tian punya baby sitter sendiri, dan si baby sitter ini juga bantu2 cuci baju gitu. Masa sekarang pembantu saya minta kenaikan gaji, dan saya kira itu enngak pantas, dikarenakan dia enngak bisa masak. Kecuali dia bisa masak dan saya dan suami makan di rumah. Ini saya tiap hari selalu makan diluar. Si pembantu ini sudah saya beri uang makan tiap harinya. Dan si pembantu ini bilang peraturan dari yayasan setiap 3 bulan harus selalu minta naik gaji. Bukannya terserah majikannya kapan harus menaikaan gaji. Masalah nya pembantu saya saat ini enngak bisa masak, juga tuh semua maish harus diperintah enngak inisiatif sendiri. Dan saya berpikir belum pantas rasanya saya menaikan gajinya.Kecuali kalo dia bisa masak dengan gaji 300 lebih pun saya gak ada masalah.
Mohon infonya yah buat mom's n dad's.
Terima kasih banyak yah.

Best Regards,

Tian Mom www.christian-audy.com