Saya mau sedikit sharing nih,
assistant saya di rumah (saya ngak pernah bilang dia pembantu, karena dia
adalah 'benar-benar; tangan kedua saya dirumah untuk take care anak-anak dan
rumah pada saat saya kerja), anakku 2, 6 tahun dan 3 tahun. Saya tidak ambil
dari yayasan, tapi saya katakan kepada dia pada awal kerja, bahwa gajinya
akan naik dalam 3 bulankedepan bila kejanya bagus, sehingga akan memotivasi
mereka untuk bekerja lebih baik. Sebagaimana pegawai, tentu mereka akan ada
rasa jemu, borring, setiap hari dari bangun tidur samapai tidur lagi
itu..saja yang diurusin, sehingga pada hari minggu, saya sering ajak mereka
pergi, baik ke mall ataupun rekreasi, kalo saya belanja, mereka saya
bebaskan belanja juga, tapi mereka jadi tau diri, paling mereka ambil kaos
20 rb-an atau accecories remaja. Ada kalanya mereka ingin jalan-jalan
sendiri dengan temannya, saya kasih uang saku, untuk jajan dan ongkos,
minimal 30 rb untuk berdua.
Kalo mereka  lagi males jalan2, uang jajan mingguan tetep saya kasih, 10 rb
perorang. Gajimereka sihngakterlalu besar, yang satu karena baru jalan 4
bulanan, gaijnya 250 rb. Yang satunya udah 3 tahun, gajinya 300 rb plus saya
kasih hp. Selain dia senang punya hp juga memudahkan saya untuk kontrol,
teruatma bila mereka  jalan sampai magrib belum pulang, saat kita jalan
sama-sama  atau saat dia pulang kampung. Mereka paling seneng kalo terim
sms. Pembantuku yang sebelumnya berhenti karena dia hamil, dia udah punya
suami dananak di kampung, kerana dia meninggalkan suami dan anaknya, saya
kasih kelonggaran untuk bisa ketemuan daripada dia pulang tiap 2
bulansekali, saya minta suaminya yang datang nengok tiap 2 bulansekali, saya
kasih ongkos pp dari kampungnya. walhasil, ee.. ada hasilnya deh !

Jadi, tegaskan  saja, gaji akan naik dengan  kenaikan prestasi juga. Dengan
itu, akan memicu dia untuk belajar dan bekerja  lebih baik lagi.

Sorry kalo kepanjangan. Semoga lancar-lancar semuanya ya.

rgds,
Mama Da'fi & Daffa