Mbak Mel,
Apa gak beresiko bila obat antibiotik yg sdh terlanjur sebagian diminum
dihentikan? Krn setau saya kita gak boleh minum antibiotik setengah-setengah
(tdk tuntas) krn virus/penyakitnya gak benar-benar ke bunuh (maaf pake istilah
ini soalnya gak tau kata yg tepat) jadi hanya setengah mati yg bisa
memungkinkan virus/penyakitnya menjadi tambah kuat & kebal dg antibiotik yg
sama. Krn dokter-dokter kalo kasih antibiotik selalu pesannya harus dihabiskan.
Ini pengetahuan yg saya ngerti selama ini, tolong dikoreksi kalo pengertian
saya salah.

Salam

melisa <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Pak Hendra

Sekarang lagi musim diare. Penyebabnya virus dan tidak ada obat yg bisa
mengobati kecuali daya tahan tubuh sendiri. Yang bisa kita lakukan adalah,
menjaga supaya Felicia tidak dehidrasi (kekurangan cairan). Diare sendiri
penyakit yg umum dialami oleh anak, akan sembuh dg sendirinya tapi bisa
berakibat fatal jika penangannannya tidak tepat.

Anak saya sampai usia 21 bulan ini, kalau dihitung cuman 3 kali kena diare.
Pada serangan diare pertama, saya belum tahu cara penanganan yg tepat, jadi
terpaksa harus dibawa ke dokter. Berakibat, diarenya tambah parah.
Ternyata,...obat2an dari dokter lah (antibiotik) yang membuat diare anak
saya tidak membaik malah memburuk. Stelah semua obat dokter saya hentikan.
Berangsur-angsur membaik dg sendirinya. Sejak itu, tiap anak saya diare,
hanya saya home treatment sendiri di rumah.

Diare anak saya bisa berlangsung hanya 3 hari, atau bahkan bisa sampai 2
minggu. Semuanya saya treatment tanpa obat, hanya memastikan asupan
cairannya lebih dari biasanya.

Difinisi diare itu kalau BAB cair lebih dari 6 kali. Faces bayi (seperti
juga kita orang dewasa) terkadang lembek bukan berarti sedang sakit. Apalagi
kalau cuman sehari sekali.

Soal susu yg diencerkan ya Pak. Susu pada anak diare tidak perlu diencerkan.
Salah sekali dokter Bapak menyarankan itu. Dasarnya apa?

Susu formula itu sudah didesign sedemikian rupa supaya seimbang kandungan
gizi, serat, protein dan vitamin dll. Kalau diencerkan, darimana Felicia
mempunyai energi untuk recover dari sakitnya? Terang aja Felicia jadi lemas.

Menurut saya, Felicia sudah tidak diare lagi. Kekentalan susu perlahan-lahan
ditingkatkan ke takaran normal. Jangan sekaligus karena bisa menyababkan
konstipasi. Lain kali, kalau felicia diare jangan dikasih lagi obat2an itu.
Susu dan makanannya seperti biasa, hanya ditambah Pedylite untuk mengganti
cairan dan elektrolit yg hilang.

Kaki dinginnya, coba sering2 di pijat2 lembut Pak.

Soal ganti susu. Apa pertama kali dicoba susu tersebut BABnya jadi encer?
Kalau tidak berarti tidak ada masalah dg susunya.

Sementara diobserve lagi dulu Pak. Obat2an jangan diteruskan dan susu
perlahan dikentalkan lagi.

Melisa

Sent: Thursday, June 30, 2005 4:32 PM
Subject: [balita-anda] mencret

anak saya, felicia berumur 3 bulan
istri saya tidak menyusui, jadi felicia mengkonsumsi susu kalengan
biasanya BABnya berbentuk
seminggu yg lalu BAB sebanyak 5-6 kali, lembek dan ada lendir
kemudian saya bawa ke dokter
oleh dokter diberi lacto-b, questran, dan antibiotik
dan anjuran dokter supaya takaran susunya dikurangi (120 cc air dengan 1
centong susu, biasanya 120 cc air dengan 2 centong susu)

sekarang 1 hari BAB sebanyak 1 kali, tapi tetap lembek
menurut dokter untuk kembali ke asal perlu waktu sekitar seminggu dan
konsumsi susunya tetap (120 cc dengan 1 centong susu)

keluhan lain bayi saya adalah kakinya dingin (anyep)

pertanyaan :
1. apakah semua ini (BAB lembek + kaki dingin) karena konsumsi susunya
dikurangi ?
2. supaya BABnya kembali ke asal (berbentuk), apakah susunya juga kembali ke
asal (120 cc air dengan 2 centong susu) ? saya kasihan, karena
[keliatannya] felicia lemes/tidak beraktivitas seperti biasanya (bisa maju
walau belum bisa jalan dengan cara mengangkat kaki/mendorong dgn tumpuan
kepala)
3. apakah perlu ganti susu ?
4. apakah bayi saya sudah baikan / kemajuan ?
5. apakah bayi saya harus ke dokter lain ?

terimakasih

salam,
hendra