Kalau nggak salah, yang dimaksud Bu Diah itu adalah, bahwa kalau anak
kita diberikan vaksinasi Varilrix ya otomatis tidak akan kena cacar air.
Dengan demikian tidak akan ada bekas cacar airnya.
Tapi kalau sudah terkena cacar air terus diberi vaksinasi, ya tidak akan
berpengaruh pada bekas lukanya.
Justru kalau sudah pernah terkena cacar air, tidak perlu divaksin lagi
karena anak ybs sudah punya kekebalan alami dari cacar air yang
didapatnya. Dan saya pernah dengar dari salah seorang dokter SPA, justru
kekebalan alami ini lebih baik daripada kekebalan karena vaksinasi.

Eva Kurnia Damayanti
Sisfo Kandatel Bandung
Telp : 022-4540170