Saya pernah baca di Media Massa bahwa di negara-negara maju, sudah
dianjurkan untuk pisah tidur sejak usia 6 bulan. Mereka berpendapat, sejak
usia itulah pantas si bayi mulai belajar mandiri. Karena mereka negara
maju, mereka ada yg memperlengkapi dengan piranti elektronik (semacam radio
transmisi) agar dapat memonitor jika bayi itu nangis (terdengar di radio
pasangannya yg diletakkan di kamar orang tua). Alat elektronik ini sendiri
ada di baby shop di Indonesia, misalnya, utk merk Philips sekitar Rp 475
ribu/pasang (sepasang=2 unit). Apakah di Indonesia ini kondisi kejiwaan
balita usia 6 bulan boleh pisah dg ortu ?? Saya belum tahu. Mungkin ada
pembaca lain yg lebih tahu. Terimakasih.

(Leo)