Saya juga lebih setuju dengan Mbak Yanti. Pisah tidur dengan bayi (mungkin)
berpengaruh pada  si anak dan  orang tuanya. Maksudnya, orang tua juga
harus "siap mental" sebelum "melepas bayinya tidur sendiri (walaupun
ditunggui baby sitter/pembantu). Dari sudut anak, bukankah diawal masa
kehidupannya dia perlu "kehangatan kasih sayang" orang tua (apa lagi bila
masih menyusui). Sedangkan dari sudut orang tua, apakah tidak ada perasaan
cemburu bila anaknya lebih dekat dengan pembantu ataukah sudah yakin
anaknya aman tidur sendiri tanpa dijaga atau ada hal-hal lain yang
menyebabkan salah satu orang tua malah jadi resah/tidak tenang karena
memikirkan anaknya yang tidur di ruangan lain. Sekedar pendapat lho...

Salam.

[EMAIL PROTECTED] on 02/01/99 02:44:26 PM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]