Bu Elvina,
anak saya yang paling besar (sekarang sudah 5 thn), dari sejak 1 tahun
sampai sekarang, makan hanya sedikiiiit sekali, kalau makan nasi, paling2
ukurannya cuma 3-4 sendok makan orang dewasa. Dengan makanan yang cuma
segitu itu, waktu makannya saja sudah 1 - 1 1/2 jam, karena dia lebih banyak
ngemut daripada mengunyah.  Dia juga nggak terlalu banyak ngemil.....kalau
pun disediakan temilan, misalnya risoles, donat, lemper.....dia hanya akan
makan 1 buah saja.  Itu pun kalau dia sedang dalam keadaan lapar.  Sekarang
beratnya "hanya" 18 kg.  Tapi, kalau saya tanyakan kedokter anaknya, dia
termasuk biasa...tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk....apalagi
kalau dihitung dari berat lahirnya (dokter punya rumus untuk menghitung
normal tidaknya berat sianak). Dan kalau dilihat dari teman2 sekelasnya
disekolah, ternyata anak2 seumuran dia berat badan dan tingginya ya kurang
lebih sama...jadi yah memang normal2 saja.

Mungkin untuk anak ibu, susunya harus mulai agak dikurangi....karena sianak
kan sudah mulai makan makanan padat, sehingga rasanya kalau seingat dokter
anak saya dulu nasihatin, anak seumur ini, minum susunya cukup 3-4 kali
sehari (mau tidur malam, bangun tidur pagi, mau tidur siang dan sesekali
ditengah malam +/- jam 4 - 5 pagi, itupun sebenarnya nggak perlu), jadi
dengan berkurangnya susu, jarak dengan saat dia akan makan makanan padat
cukup jauh, sehingga si anak nggak terlalu merasa kenyang, jadi dia bisa
makan nasi ngga susah.

Demikian ibu, mudah2an bisa membantu.
salam