hi pak yunus,
kalau boleh saya ikut bagi cerita deh....
anak saya waktu itu disarankan untuk first solid food umur 4 bulan, karena
kalau terlalu muda usianya, diberi makanan tambahan, ditakutkan sistem
pencernaannya belum siap dan bahkan, bisa berpengaruh ke ginjalnya. jadi ya
sebaiknya, ditunggu sebentar lagi...
solid food pertama yang biasa diberikan adalah bubur nasi, setelah itu bisa
diberikan buah-buahan.
pengalaman saya, setelah anak saya mulai makan solid food, dia tidak buang
air besar selama beberapa hari, hal ini biasa karena terjadi perubahan
makanan yang mempengaruhi sistem pencernaannya.
masalah ini bisa dibantu dengan memberikan buah pepaya, atau kalau ada buah
prune atau plum.

kalau soal aktivitas, setiap bayi memang berbeda-2 sekali. anak saya baru
bisa bolak-balik tengkurap sendiri, umur 4 bulan. tapi setelah itu cepat
sekali, 5 bulan dia sudah belajar merangkak, dua minggu kemudian.. she's
baby in the move ! umur 6 bulan, dia sudah mulai berdiri sendiri, dan belum
sampai 10 bulan, she had her first step.

"jangan membandingkan anak anda dengan anak tetangga, tapi bandingkan apa
yang terjadi dengannya setiap hari"

pertumbuhan anak-anak begitu cepat lho.. jangan sampai ketinggalan
mengabadikannya. diikutin aja step by step.... akhirnya... tau-tau bayi kita
sudah dewasa.....

have fun then !