From: Ratna Adiari [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Monday, April 17, 2000 9:18 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re[2]: [balita-anda] ASI

     Mbak Desi,

     Saya sependapat dengan ibu Quinike bahwa produksi ASI sangat bergantung
     kepada kualitas makanan kita.
     Tapi, yang tidak kalah pentingnya adalah persiapan payudara untuk
     mengeluarkan ASI tsb. Kalo ASI-nya banyak tapi puting susunya tidak
'bagus'
     juga malahan ibu akan tersiksa (bisa sampai demam).
     Nah, untuk mengusahakan agar ASI keluarnya lancar, sejak awal kehamilan
     puting susu harus 'dibersihkan', Kalo saya dulu, setiap habis mandi
puting
     susu dibersihkan dengan 'nipple oil' (bisa juga dengan baby oil biasa,
tapi
     kalau dengan nipple oil biasanya bisa dipakai sampai setelah bayinya
lahir
     karena aman jika tertelan. Sambil putingnya dibersihkan payudaranya
juga
     sambil di-massage (jangan terlalu keras) untuk membantu menstimulasi
     jaringan air susu.

     Demikian sharing dari saya. Mudah-mudahan berguna.

     Salam,
     Diary - Ibunya Ibra & Aisyah.