hi mbak desi,
sebenernya sih ngga' ada ciri-2 khusus yang bisa nentuin asi-nya keluar atau
ngga' seblum melahirkan. umumnya selama hamil, breast kita ya semakin besar
semakin hari, nah, bulan ke-8 (minggu ke-36-38) kalau nipple di pencet,
mustinya sih sudah ada susunya. berarti ya produksi susu kita bagus (siap
punya anak).
kan mbak batu hamil 2 bulan, biasakan makan yang sehat-sehat, sesuai food
chart yang diberikan dokter (kalau mau, nanti saya contekkan punya saya yang
dulu).
kacang-kacangan membantu melancarkan asi, seperti (terutama) kacang hijau
dan kacang merah, jagung juga.

pengalaman saya, asi saya dulu banjir-banjir cuman sampai 6 bulan. setelah
itu berkurang cukup banyak, saya sudah coba pakai jamu-jamuan, ngga' nolong
juga, yaah nolong sedikit sih.
tapi temen saya sampai anaknya umur 2 tahun, tetep banyak tuh asinya.
kya'nya faktor keturunan bisa jadi mempengaruhi, tapi kalau saya sih
cenderung bilang, faktor kesehatan dan makan kita yang mempengaruhi.

kalau soal bercak, saya ngga' begitu tau tuh.
eh, udah dulu ya... anak saya rewel nih...
moga-2 bermanfaat.

quinike