mbak,

ASI saya keluar waktu pertama sekali saya menyusui bayi saya, tapi mungkin
itu yg namanya klorostum, waktu pertama kali nyusu anak saya langsung aja
pintar ngisap dan lama (hampir sejam),
memang sewaktu kehamilan saya berumur 7 bulan saya dianjurkan rajin memasase
payudara dg baby oil (2x sehari sehabis mandi), selama 2,5 bulan anak saya
beri ASI ekslusif, kemudian baru saya perkenalkan dg susu formula (krn waktu
cuti melahirkan hampir habis),

mengenai bercak darah saya juga ngalami lho mbak....., selama 5 bulan
kandungan saya, sewaktu pertama kali periksa dugaan dokter ada virus TORCH -
Toxoplasma Rubella Chitomegalo(virus yg bisa mematikan janin/membuat janin
cacat), saya harus rajin periksa mengenai perkembangan janin lewat USG, kalo
tidak ada perkembangan - dokter menganjurkan utk digugurkan.
Tapi ternyata setelah diperiksa secara intensif dan janin saya berkembang
sempurna (selama 5 bulan) dokter mengatakan bahwa rahim (kandungan) saya
lemah - (waktu itu saya dikasih obat penguat kandungan namanya Premaston),
sehingga saya tidak boleh kerja berat, ngangkat yg berat, pokoknya harus
banyak istirahat deh kalo mo janinnya sehat dan lahir selamat, ternyata
memang benar kata dokter, kandungan saya lahir dini 35 minggu krn ketuban
sudah pecah duluan (waktu itu saya nekat nyuci popok-pembantu ngga ada) dan
puji Tuhan setelah perjuangan 12 jam anak pertama saya lahir normal,
sekarang sikecil udah berusia 7 bulan.

Demikian pengalaman saya, semoga bermanfaat.