Mbak Meidya,

Kalau boleh tau, makanan padatnya yang bagaimana mbak. Apakah bubur saring,
bubur nasi, nasi lembek atau gimana.
Soalnya anak saya sejak 11 bulan juga udah gak mau yang namanya makanan
bayi. Bubur bayi, ataupun puding yang terlalu lembut , yang special untuk
bayi dia udah nolak. Bubur susupun dia nggak mau, kecuali saya jadiin kayak
minuman, jadi bisa dia hirup. Dia maunya yang 1 level diatas bubur tingkat
kepadatannya. Tapi anak kakak saya, udah mau 3 tahun, masih susah aja diajak
makan nasi, jadi maunya masih bubur juga...
Jadi menurut saya, tergantung anaknya, mungkin kalau sekarang dikasih bubur,
bisa dicoba kasih nasi lembek.

Waktu anak saya seumuran anak mbak, dia juga sempat susah makan. Akhirnya
setiap kali makan, saya siapin 2 menu yang berbeda, nanti kalau dia nolak
jenis pertama, coba yang lain. Kalau masih nolak juga, mungkin masih
kenyang. Terus coba kasih lagi selang 30 menit kemudian. Biasanya dia mau,
ntah makanan yang pertama atau yang kedua. Dan untuk urusan jam makan, saya
udah gak perduli lagi. Sekali di tolak, balik lagi 30 menit kemudian, masih
ditolak lagi, ya cobain lagi. Pokonya harus pantang mundur deh, nanti kalau
dia lapar pasti dia mau makan.
Misalnya sekali dia mau makan, terus berhenti, ya udah tandanya dia harus
berhenti. Nanti biasanya pas jam makan berikutnya dia makannya agak banyak.
Tapi di selang waktu makannya biasanya saya kasih biskuit atau yoghurt atau
apa aja yang dia mau. Sama aja, kalau biskuit ditolak, kasih yang lain.
Biskuit aja saya bisa punya sampai 3 jenis di rumah.
Repot ya mbak..tapi memang harus pantang mundur..

Dan biasanya kalau makan, saya mesti siapin tontonan yang dia suka, apakah
itu acara TV atau musik, pokonya yang bisa ngalihin perhatian dia dari
makanan.

Semoga berhasil ya mbak..

Mia - Mamanya Kay