mbak Meidya,
memang DSA tuh jarang banget menyarankan obat nafsu makan buat balita,
kecuali kalau anaknya bener-2 parah makannya.
seperti anak saya, sekarang 13 bulan, juga susah makan, akhirnya pas
check-up umur 12 bulan, cuman dikasih vitamin, saya beli Polyvisol.

mbak selama ini sudah coba kasih makanan apa saja?
saya dulu mulai dari gerber rice cereal, trus buah-an, trus gerber 2nd food,
3rd food, dan terakhir gerber graduate (eh, ngga' maniak lho sama gerber...
:-) )

sejak umur 12 bulan, anak saya ngga' mau lagi makanan gerber, jadinya saya
masak sendiri. anak saya paling suka bubur ayam (ta'campur pake' bayam, peas
dan carrot) dan nasi tim ayam.

kalau caranya : di-slamur (b.jawa),
jadi, dialihkan perhatiannya ke mainan yang dia suka, kalau anak saya
sukanya sambil nonton tv, nongkrong di jendela (malu-2in ya...?), baca buku,
atau mainan the pooh (it's her favorite).
pas dia asyik mainan, trus kalau ada sendok di depannya, dia mangap sendiri
tuh... masuk deh makannya.
memang musti berkorban waktu sih, ditelatenin, sekali ngasih makan bisa
menghabiskan waktu sejam sendiri. malah sekarang anak saya punya hobi baru,
main petak umpet.... walah... kebayang kan repotnya.
tapi, sebagai ibunya... saya sih bela-2in deh, dari pada anak saya
underweight.

minggu lalu, anak saya udah mulai gemuk... eh, kena stomach flu. ya... ilang
lagi deh...
sekarang udah mendingan, udah mulai makan lagi. maunya cuman campbell
chicken noodle dan progresso chicken rice soup. selama 3 hari ini, dia
makannya cuman mau itu.

o iya satu lagi, kalau anak saya diajak jalan-jalan, dia mau ngemil crackers
dan minum juice lumayan banyak. karena kalau di mobil kan dia duduk
sendirian di kursi belakang, jadi dia mau ngemil. begitu juga kalau di
grocery cart, atau di stroller-nya.
cobain aja deh mbak, moga-2 berhasil, si kecil mau makan buaannyaakk.

salam,
Quinike