Pak Bambang,
saya memakai spiral juga, menyusui sampai 11 bulan, dan selama itu tidak
pernah mendapat haid. Sesudah bulan ke-12, baru kembali haid, itu pun
sedikit, dan masih belum teratur (kadang sebulan 2x, kadang siklusnya >
30 hari). Kata DSOG saya, itu karena hormon sewaktu menyusui menyebabkan
haid tertunda. Dan sesudah berhenti menyusui pun, hormon tadi belum
cepat2 kembali ke posisi normal / stabil. Itu sebab siklusnya masih
tidak teratur.

Mbak Vera,
sebagai pemakai spiral, saya tidak merasakan efek sampingan apa-apa.
Waktu pemasangan juga tidak sakit (cuma perasaan seremnya aja yg. lebih
besar). Dipasang dengan alat (aplikator) oleh dokternya. Sesudah
pemasangan akan terasa kram (spt. waktu menstruasi, cuma lebih ringan)
dan keluar bercak darah sedikit. Semua gejala ini sudah diberitahu
DSOG-nya terlebih dahulu, jadi saya tidak kaget lagi.
Saya memakai spiral jenis Nouva-T. Ada juga yg. jenis Copper-T (temen
saya pakai ini). Saya kurang jelas apa bedanya. Setahun yl. harganya
sekitar 120.000, belum berikut jasa dokter. Kontrol kira2 seminggu,
sebulan, dan setiap 6 bulan kemudian, jika tidak ada keluhan apa-apa.

Rien.