Pak Harjo,

Saya bagi Pengalaman ya..
Sekarang anak saya berumur 3 bulan. Kami melatih pola tidur dan BAB sejak
berumur kurang dari 1 bulan. Dan nampaknya berhasil
Kebetulan anak saya tidak minum ASI, jadi jadwal minum susunya lebih bisa
diatur.

Pola Tidur

Pola Tidur kami atur sehingga dimalam hari Aris hanya bangun 2 kali (23.00
dan 03.00) untuk minum susu (formula). Sore hari hingga pukul 20-21.00 kami
usahakan Aris bangun. Setelah itu diberi susu menjelang tidur sampai
kenyang.

Setelah 2-3 jam ia akan terbangun lagi karena Lapar dan BAK. Setelah diberi
minum dan ganti celana, ia akan tidur lagi sampai jam 3. begitu selanjutnya.
pagi ia akan bangun pukul 5.00-5.30 saat kami menyalakan lampu besar.

Oh ya, satu hal yang perlu, jangan menyalakan lampu "besar" dikamar tidur
saat tidur, sebab jika bayi terbangun ia akan langsung segar dan tidak mau
tidur lagi.

BAB.
Urusan BAB juga kami ajar teratur. awalnya kami kewalahan karena BAB bisa
sampai 5 hari sekali, namun sekarang 2 hari sekali dan tidak pernah di
celananya.
caranya:
Setiap kami melihat ia mengedan langsung celananya dibuka dan disiapkan tisu
dibawah p*nt*tnya. kemudian kaki dianggat seperti memompa. Maka ia akan BAB
dengan sendirinya dan lancar.

Semenjak 1 bulan pertama kami sudah tidak pernah lagi mencuci celana/popok
yang kena BAB.

Semoga ini berguna dan bisa diprakterkkan.

Salam

Willy