Dear Pak Harjo,

Selamat ya Pak atas kelahiran putrinya. semoga Izzah bisa tunmuh menjadi
anak yang sehat dan cerdas.

Mengenai pola tidur bayi yang masih awut-awutan, bayi umur segitu emang
pola tidurnya belum normal. Ketika dia menginjak usia 2 bulan barulah pola
tidur bayi mulai normal dimana dia akan lebih banyak tidur pada malam hari
dan lebih banyak bangun disiang hari. Yang pasti untuk 3 sampai 4 minggu
pertama bayi akan lebih banyak menangis dari pada tidur. Popoknya mungkin
basah, atau lapar, atau kesepian. Dan biasanya pada saat-saat seperti ini
sang ibu terkadang depresi, lelah, stress bahkan terkadang mencucurkan
airmata saking putus asanya. Pada saat seperti ini perlu sekali dukungan
dari Si Ayah dalam hal pengasuhan anak. Saat yang seharusnya menggembirakan
terkadang buat sebagian orang malah menjadi suatu hal yang sangat
melelahkan. Menurut bebarapa Ahli, 50 % wanita melahirkan mengalami depresi
pasca melahirkan.  Itu juga yang saya alami pada kelahiran anak saya yang
pertama, Nisha, sekarang 4 bulan. Saya lebih sering menangis karena lelah
dan bingung melihat anak yang kerjanya tidur, bangun, nangis.... sementara
saya sendiri masih belum pulih dari operasi Caesar.
Untungnya suami saya terlibat aktif dalam hal pengasuhan bayi sehingga
beban saya nggak begitu berat. Kami akhirnya memutuskan untuk memakai Baby
sitter (BS) ketika kami berdua udah sama-sama putus asa. Maklum dirumah
cuma ada saya, papanya Nisha dan pembantu. BS tsb tidur dikamar baby dengan
Saya karena malam saya harus menyusui. Papanya tidur di kamar sebelah.
Soalnya khan kasihan kalau besoknya harus pagi-pagi berangkat kerja lagi.
Hari Sabtu dan minggu, papanya baru tidur dengan kami bertiga, BS tidur
diruang lain. Sebelum tidur ASI saya pompa dulu, terus masukin kulkas,
sehingga kalau Nisha bangun, papanya yang manasin susu dan nyusuin Nisha.
Jadi khan adil, bagi-bagi tugas.

Saran saya, sabar aja Pak... akan ada waktunya dimana pola tidur bayi akan
lebih teratur. Coba bicarakan dengan si Ibu, mungkin cara saya bisa jadi
way out.

Okay... selamat bangun malem ya Pak.