Pak Harjo,
Shabrina saat ini umurnya 2 bulan, hampir seusia
dengan Izzah ya,....
Sejak masih baru lahir, Shabrina jarang bangun kalau
malam.  Paling banyak 2 kali bangun karena pipis dan
ingin nyusu.  bahkan ia sering tidur sejak pukul 10
malam, baru bangun pukul 5 pagi.

Tips dari saya, seperti yang terapkan pada Shabrina,
Kalau Izzah nyusu, diberi sampai kenyang betul,Pak....
karena kalau dia kenyang betul, dia akan langsung
tidur. (tanda-tanda bayi kenyang menyusu, badan
langsung lemas, dan mengantuk, tertidur, menurut
teori).
Dulu Shabrina tidur siang sekitar 3 jam, baru bangun
lagi untuk pipis dan nyusu. Jadi kalau dia bangun
pukul 6 pagi, berarti hanya 4 kali bangun sampai pukul
6 sore. Nah kalau sudah lewat maghrib, jangan terlalu
kenyang nyusunya, ajak main sampai pukul 9-10 malam.
biasanya Shabrina begitu (waktu saya belum kerja
setelah cuti), karena papanya baru pulang kerja dan
ngajak dia main.

Baru setelah pukul 9 malam dia disusui sampai kenyang
betul.  Dan saya biasanya menidurkan Shabrina
tengkurap.  karena kalau tidur terlentang, dia mudah
bangun kalau dengar suara atau bunyi-bunyi yang agak
keras.  sementara kalau tengkurap dia lebih nyenyak.
Selain itu, lampu besar kamar juga saya matikan. Hanya
pakai lampu meja yang kecil.
Menurut artikel yang pernah saya baca, saat di dalam
kandungan, bayi hanya mengenal suasana gelap, jadi dia
tidak tau kapan saatnya tidur, dan kapan bangun.
Dengan mematikan lampu pada saat malam, dia akan
mengerti bahwa malam hari adalah waktu tidur,
sedangkan siang untuk bermain.

Selain itu, sebaiknya si kecil tidak usah dipakaikan
pakaian terlalu tebal. supaya dia tidak merasa gerah,
jadi nyaman tidurnya,....
Apalagi kalau Izzah hanya minum ASI, dia lebih lama
kenyangnya, dan tidak sering ngompol.
Hal ini sudah pernah saya konsultasikan dengan DSA
saya. Karena saya khawatir Shabrina kelaparan karena
masih bayi sudah tidur lama saat malam.  Tapi menurut
DSA-nya karena Shabrina minum ASI tidak usah khawatir
kelaparan, karena badannya sudah mengatur sendiri,
selain ASI lebih mengenyangkan/ lebih lama bertahan
dalam tubuh dibandingkan susu formula.

Saya rasa sudah saatnya juga Izzah di-tatur (diatur
pipisnya dengan ditaruh di atas westafel, misalnya).
shabrina sudah di tatur sejak umur 1 bulan, jadi
teratur pipisnya.  Biasanya kalau bangun tidur kan mau
pipis, langsung diangkat ke atas westafel.
lama kelamaan dia nggak mau ngompol, biasanya kalau
bangun tidur paling mau pipis, trus tidur lagi.

OK, mungkin itu saja tips dari saya....
semoga berhasil diterapkan pada Izzah, dan semoga
tidak kurang tidur lagi, Pak Harjo,.....

Salam,
mama shabrina

--- harjo <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > Anak
saya Umur 1,5 bulan lebih wanita namanya Izzah,