'Mbak, kalau sekarang 6 bulan berarti bulan depan usia kehamilannya sudah 7
bulan, apakah 'mbak sudah confirmasi ke airliner tentang itu? Karena kalau
tidak salah, kebanyakan airliner tidak bersedia memberikan tiket untuk ibu
hamil dengan usia kehamilan 7 bulan ke atas, kalaupun mau mereka tidak akan
tanggung jawab kalau ada apa-apa. Mereka tidak mau menanggung resiko
melahirkan di atas pesawat.

Kalau pengalaman istri saya (ketika itu masih usia kehamilan 6 bulan), sebelum
berangkat kami konsultasi dulu dengan DSOG, katanya sich kalau memang kondisi
istri saya baik tidak ada masalah untuk melakukan perjalanan. Dan
alhamdulillah perjalanan 15 jam di udara lancar-lancar saja, hanya capenya
saja dan kakinya yang agak bengkak karena duduk terus. Kalau anda mungkin
perjalannya akan lebih lama (sekitar 24 jam), jadi kalau menurut saya, lebih
baik anda meminta stop-over, jadi tidak terlalu cape. Dan untuk mengatasi
bengkak di kaki, usahakan bisa dapet tempat yang kakinya bisa leluasa (kalau
bisa di row yang paling depan), anda bawa saja tentengan yang kira-kira
sejajar dengan kursi, kemudian anda bisa simpan didepan kursi untuk menahan
kaki anda atau malah kalau ada tempat yang disebelahnya kosong sehinggga kaki
bisa diangkat ke atas. Tapi kalau anda pakai kelas eksekutif problem itu tidak
ada, karena setiap kursi sudah memakai sandaran kaki yang bisa sampai atas.