Hi Erny,

Aku coba sharing pengalamanku waktu aku ke Finland dengan usia kehamilan
lk 25 minggu (kira2 3 th yl untuk anak yang ke-2 juga). Menurut dsog-ku
usia2 segini paling aman untuk "terbang" selama kondisi yang lainnya
normal (ibu dan janin). Kalau sudah memasuki bulan ke-7 apalagi 8/9
justru yang agak beresiko.

Oleh dsog aku juga dikasih semacam 'surat keterangan' hamil, takut ada
pertanyaan yang macem2 (dikira pura2 hamil dan menyelundupkan sesuatu).
Surat ini aku rasakan manfaatnya waktu kita mau minta duduk di bagian
paling depan (karena oleh dsog dan teman2 disarankan sebaiknya pilih
duduk yang deretan depan, kalau mungkin paling depan, sehingga tidak
terlalu mabok).

Yang lainnya, kita perlu jaga jangan terlalu capek. Makanan juga perlu
diperhatikan, karena perut kita perlu adaptasi dengan makanan di sana,
waktu itu aku juga sempat (maaf) buang2 air besar, tapi hanya 1 atau 2
hari saja. Pilih pakaian (sesuaikan dengan musim di sana, walaupun
summer kayaknya perlu juga bawa mantel, pengalamanku di Finland walaupun
summer tapi anginnya kencang dan suhu sampai 15 derajat) dan juga sepatu
pilih yang nyaman, pengalamanku di Finland justru aku sering diajak
jalan kaki karena kondisinya memang mengharuskan begitu (jalan2 masuk
hutan, jalan2 ke museum, jalan2 ke pameran).

Mungkin hanya itu saja dariku, yang lainnya kamu harus konsultasi dengan
dsog-mu.

Salam,
Susy