Ibunya Raihan,
Kalau soal disapih anak rewel, kayaknya hampir semua anak begitu deh pada
awalnya. Tapi asal kita nya kuat dan tega-tegain aja denger anak rewel,
rasanya bisa berhasil kok. Cuman saya gak tau nih berapa lama si anak
rewelnya, tergantung masing-masing anak.  Anak saya sendiri sekitar 2 minggu
deh baru mau nerima kenyataan kalau dia gak dapat ASI lagi siang-siang.  Dan
sekarang ini saya lagi nyapih anak saya (18 bulan) untuk sama sekali lepas
dari ASI.  Waktu 16 bulan saya mulai ngeberentiin ASI di siang hari, jadi
acara tidur dan minum ASI siangnya saya  rubah total, biasanya sambil nyusu
dia tidur, saya ganti acara tidurnya dengan di dorong di kursinya dia.
ALhamdulillah, walaupun memang 5 hari awal susah dan dianya rewel, tapi gak
sampai 2 minggu dia tau kalau dia gak bakalan dapat ASI siang hari lagi,
jadi diapun gak pernah usaha untuk minta ASi siang-siang.
Sekarang ini baru jalan 1 minggu acara saya nyapih total. Biasanya malam
sebelum tidur dia mimi ASI, dan subuh pas dia bangun minum lagi. Sekarang
ini udah mendingan, dia nggak ngotot lagi minta ASI sebelum tidur, cuma
akibatnya saya mesti ngebiarin dia puas-puasin main malam harinya sampai
akhirnya dia ngantuk sendiri dan rela minum susu formula atau langsung tidur
dengan sendirinya. Sementara tengah malamnya saya nutup kuping rapat-rapat
waktu dia rewel minta  ASI sambil ngerengek-rengek. Biasanya saya cuma
melukin dia aja sambil berusaha nidurin lagi kalau dia rewel. Cuma kuncinya
kitanya harus tenang dan baju kita harus rapat, kalau nggak ditarik sama dia
dan gagal deh. Dan biasanya kalau memang dia haus, setelah 5 menit rewel
minta susu, dia gak akan nolak dikasih airputih. dan kemudian langsung tidur
lagi.
Ya, kayaknya sich dalam 1 minggu ke depan Kay bisa lepas dari ASI 100
persen, mudah-mudahan.

Semoga bisa membantu,
Mia - mamanya Kay