Erny Handjojo wrote:

> dear netters,
> rencananya saya hendak ikut suami ke amerika bulan depan. saat ini saya
> sedang mengandung anak ke-2, dengan usia kehamilan memasuki bulan ke-6
> (23
> minggu).

Mbak Erny,
katanya, usia kandungan di trimester ke-2 adalah 'golden period'. Dimana
kandungan belum terlalu besar, dan tubuh ibu sudah menyesuaikan dengan
perubahan2 yg. terjadi. Jadi paling cocok utk. perjalanan jarak jauh. Tempat
duduk, rasanya lebih lega yg. dekat pintu darurat (bukan yg. di buntut
pesawat, ya). Kan tidak ada kursi / benda apapun lagi di depannya, juga
memudahkan kalo kita mau ke toilet. Juga buat si kecil bisa lebih leluasa
'bermain'.
Jangan lupa minta copy medical record (kalo bisa tdk. hanya yang dari DSOG)
selama ini (utk. referensi dokter di sana, siapa tahu ada alergi, atau
catatan2 khusus).
Sering terlupakan, adalah asuransi kesehatan. Saya kurang tahu apa ada
asuransi kesehatan yg. mengcover ibu hamil. Terakhir 1999 teman saya cari as.
kesehatan utk. negara Jerman, syaratnya tidak boleh hamil selama 8 bulan
berikutnya. Thn. 1998 saya cari utk Italia, tidak ada yg. berani menerima ibu
hamil di asuransikan baru...  Semoga Amerika lebih fleksibel.
Wah, senang dong ya... si kecil tidak usah kangen-kangen terus sama papanya...
Bisa sama-sama terus...
Selamat mempersiapkan perjalanan.
_/)(\_     |~          Salam,
 /~~\    o'  |~        Rien.