Ass. Wr. Wb,

Dear Mbu Farhan & Raihan,

Menurut saya sih kalau si Ibu A agak galak sama Farhan biarin aja
itu untuk sekedar memberitahu sopan santun dan kapan saat Farhan
menjadi anak yang maniz.
Saya juga pernah punya pengalaman serupa, cuma bedanya yang
agak galak itu saya kepada teman anak saya kebetulan dia wanita
sama juga dia hampir tidak pernah diantar oleh simama kalau ke-
sekolah dan kebetulan juga sekolahnya dekat.
Kalau dia bermain sebelum bel istirahat sudah keluar dan mainnya
dengan para pria sampai bel masuk belum mau kembali dan kalu main
itu baju kotor semua, pokoknya susah diatur dan sebelum digendong
oheh bu guru dia belum mau masuk/diam.
Tapi alhasil setelah saya bujuk (sedikit agak glak) akhirnya sedikit demi
sedikit sifat buruknya agak kurang.
Kayaknya memang sosok orang tua mendampingi si anak itu penting
untuk perkembangan sianak, haati-hati lho karena sianak cepat sekali
terpengaruh oleh teman-temannya ya kalau baik, kalau jelek gimana ?

Yang kedua mengenai main sepeda, saya kira biar saja selama dia
enjoy sama sepedanya jangan dilarang untuk memainkannya, karena
semakin kita larang semakin dia penasaran.
Saya pernah baca di suatu majalah kalau sianak sedang bermain
yang menurut kita tidak baik biarkan saja dulu nanti setelah itu
baru kita beritahu pelan-pelan bahwa itu tidak baik, jadi jangan sekali
kali melarang kehendak sianak selama itu masih bisa kita control
karena bisa mempengaruhi perkembangan pribadi sianak.
Kayaknya itu saja sharing dari saya, maaf ya kalau kepanjangnyan
sharingnya kayak cerpen.

Wass. Wr. Wb,

Bunda Irsal & Sarah